Rabu, 04 Januari 2017

✔ Bodi Kendaraan

Pada postingan kali ini aku akan membahas wacana bodi kendaraan secara garis besarnya.

Kendaraan bermotor yakni merupakan salah satu alat bantu transportasi yang dipergunakan oleh insan untuk berpindah daerah dari daerah satu ke daerah yang lainya. Pada awal kurun 19-an kendaraan hanya dipakai sebagai alat transfortasi saja, tak heran jika proses pembuatanya belum mengarah ke aspek estetika dan kenyamanan. Yang penting roda sanggup berputar, sehingga pengguna sanggup mencapai tujuan dengan waktu yang lebih singkat.

Pada postingan kali ini aku akan membahas wacana bodi kendaraan secara garis besarnya ✔ BODI KENDARAAN
Gambar : Kendaraan jaman dulu
Kemajuan jaman dan berkembangnya teknologi dibidang otomotif, menciptakan kehidupan dunia otomotif semakin dinamis. Hal ini sanggup dilihat kini kendaraan bermotor tidak hanya sebagai alat transfortasi , tetapi berubah menjadi sarana berkreasi dan meraih prestasi, bahkan kini sebuah kendaraan yang dimiliki seseorang sudah menjadi symbol status yang memilikinya.
Pada postingan kali ini aku akan membahas wacana bodi kendaraan secara garis besarnya ✔ BODI KENDARAAN
Gambar : Bodi kendaraan modern

Apabila kita lihat dari segi bentuk, kendaraan dahulu hanya berbentuk kotak dengan tujuan sanggup untuk mengangkut penumpang ataupun barang. Tetapi kini bentuk kendaraan berkembang sangat bervariasi, yaitu bodi kendaraan dengan bodi yang aerodinamis, mempunyai banyak asessoris dan kelengkapan bahkan ada kendaraan dengan sengaja didesain yang mempunyai khas dari pabrik pembuatnya.


Pada awal perkembangannya bodi kendaraan dibuat dari materi kayu (Sekitar tahun 1896 – 1010), lalu berganti menjadi besi baja (logam) yang mempunyai kekuatan baik, akan tetapi mempunyai kelemahan bobot yang berat. Kemudian bergeser memakai eyser, berkembang lagi memakai bodi alumunium, dan tren kini bodi kendaraan sudah banyak yang memakai fiberglass yang memliki bobot sangat ringan.


KONSTRUKSI BODI KENDARAAN

Bagian kendaraan beroda empat terbagi dalam 2 bab besar, yaitu bodi dan chassis. Bodi yakni bab dari kendaraan yang dibuat sedemikian rupa, pada umumnya terbuat dari materi plat logam (steel plate) yang tebalnya antara 0.6 mm – 0,9 mm sebagai daerah penumpang ataupun barang.
Pada postingan kali ini aku akan membahas wacana bodi kendaraan secara garis besarnya ✔ BODI KENDARAAN
Gambar : Konstruksi Kendaraan

Chassis yakni bab dari kendaraan yang berfungsi sebagai penopang bodi dan terdiri dari fame (rangka), engine, (mesin), power train (pemindah tenaga), wheels (roda-roda), steering system (sistem kemudi), suspension system (sistem suspense), brake system (sistem rem) dan kelengkapan lainya.

Berdasar pada konstruksi daerah menempelnya bodi pada rangka, maka terdapat 2 jenis konstruksi bodi kendaraan, yaitu konstruksi composite (terpisah) dan konstruksi monocoq (menyatu).

Rangka sempurna menempelnya semua komponen kendaraan termasuk bodi. Rangka harus kuat, ringan, kokoh dan tahan terhadap getaran, atau goncangan yang diterima dari kondisi jalan. Agar besar lengan berkuasa maka konstruksi rangka ada yang kotak, bentuk U atau pipa, yang pada umumnya terdiri dari dua batang yang memanjang dan dihubungkan dengan bab yang melintang. Pada awal perkembangan teknologi bodi dan rangka kendaraan, bodi dan rangka dibuat secara terpisah (composite body) namun akhir-akhir ini bodi dan rangka dibuat menyatu (monocoque body), atau disebut juga integral body khusus pada kendaraan sedan.

KONSTRUKSI TERPISAH (COMPOSITE)

Merupakan jenis konstruksi bodi kendaraan dimana bodi dan rangkanya terpisah. Pertautan/penyambungan antara bodi dan rangka memakai baut dan mur. Untuk meningkatkan kenyamanan dikala digunakan, maka diantara bodi dan rangka dipasang karet sebagain alat peredam getaran.
Pada postingan kali ini aku akan membahas wacana bodi kendaraan secara garis besarnya ✔ BODI KENDARAAN
Gambar : Konstruksi bodi composite

Konstruksi bodi dan rangka yang terpisah ini memperlihatkan akomodasi dalam penggantian bab bodi kendaraan yang mengalami kerusakan, terutama bodi bab bawah atau putusnya rangka. Konstruksi ini biasanya dipakai pada kendaraan sedan tipe lama, kendaraan penumpang dan kendaraan beroda empat angkutan barang, menyerupai truck, bus, pick up dan lain sebagainya.

KONSTRUKSI MENYATU (MONOCOQUE)

Merupakan jenis konstruksi bodi kendaraan dimana bodi dan rangka tersusun menjadi satu kesatuan. Konstruksi ini memakai prinsip kulit telur, yaitu merupakan satu kesatuan yang utuh sehingga semua beban terbagi rata pada semua bab kulit. Pertautan antara bodi dan rangka memakai las.
Pada postingan kali ini aku akan membahas wacana bodi kendaraan secara garis besarnya ✔ BODI KENDARAAN
Gambar : Konstruksi bodi integral (Monocoque body)

Karena bodi dan rangka menyatu, maka bentuknya sanggup menjadi lebih rendah dibanding dengan tipe composite sehingga titik berat gravitasi lebih rendah menjadikan kendaraan akan lebih stabil. Konstruksi ini dipakai pada kendaraan beroda empat sedan, bahkan beberapa kendaraan MPV ( Multi Purpose Vehicle) mulai menerapkan knostruksi monocoque body.

JENIS-JENIS RANGKA

Berdasarkan bentuknya, rangka rangka kendaraan dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu :
1. Rangka bentuk H
2. Rangka perimeter
3. Rangka bentuk X
4. Rangka bentuk tulang punggung
5. Rangka bentuk lantai (platform frame)

1. RANGKA BENTUK H
Konstruksinya sangat sederhana, gampang dibuat, banyak dipakai untuk kendaraan bus dan truck.
Pada postingan kali ini aku akan membahas wacana bodi kendaraan secara garis besarnya ✔ BODI KENDARAAN
Gambar : Konstruksi rangka bentu H

2. RANGKA PERIMETER
Rangka perimeter merupakan penyempurnaan bentuk H, bodi melekat pada pinggir rangka sehingga posisi lantai sanggup diturunkan. Penurunan lantai kendaraan akan menurunkan titik sentra berat kendaraan dan tinggi kendaraan berkurang sehingga pengemudian menjadi mantap, ruang penumpang menjadi lebih leluasa, banyak dipakai untuk kendaraan beroda empat sedan.

Pada postingan kali ini aku akan membahas wacana bodi kendaraan secara garis besarnya ✔ BODI KENDARAAN
Gambar : Konstruksi rangka perimeter

3. RANGKA BENTUK X
Konstruksi rangka balok terdiri atas dua batang rangka utama berbentuk balok memanjang disatukan dibagian tengah. Tempat pertautan dengan bodi dan pintu sanggup dibuat rendah sehingga memudahkan keluar masuk kendaraan, besar lengan berkuasa terhadap putaran, dipakai untuk kendaraan beroda empat jenis sedan tipe lama.
Pada postingan kali ini aku akan membahas wacana bodi kendaraan secara garis besarnya ✔ BODI KENDARAAN
Gambar : Konstruksi rangka bentuk X

4. RANGKA BENTUK TULANG PUNGGUNG (BACK BONE)
Kosntruksi rangka merupakan rangka model tunggal, bab tengah memikul beban (punggung) dan lengan yang menonjol sebagai pemegang bodi. Konstruksi rangka semacam ini juga memungkinkan titik sentra kendaraan dibuat lebih rendah. Konstruksi rangka model ini sering dipakai untuk kendaraan beroda empat penumpang dan truck.
Pada postingan kali ini aku akan membahas wacana bodi kendaraan secara garis besarnya ✔ BODI KENDARAAN
Gambar : Konstruksi rangka bentuk back bone

5. RANGKA MODEL LANTAI (PLATFORM FRAME)

Bodi dan rangka dilas menjadi satu, sehingga merupakan bentuk yang diintegrasikan, memungkinkan ruang interior dibuat luas. Kelebihan lain penggunaan konstruksi rangka model ini yakni mempunyai ketahanan yang cukup baik terhadap bengkokan an puntiran.

Demikian artikel yang sanggup aku tulis, biar sanggup bermanfaat.



Sumber http://viarohidinthea.blogspot.com


EmoticonEmoticon