Minggu, 19 Maret 2017

Inilah Tips 17 Cara Mengenali Ciri Jaket Kulit Asli

Halo sahabat fashion, Sedang mencari tips cara membedakan jaket kulit orisinil dan palsu? Jangan hingga salah beli, Anda wajib mengetahui perbedaan dan ciri-cirinya!


 Sedang mencari tips cara membedakan jaket kulit orisinil dan palsu Inilah Tips 17 Cara Mengenali Ciri Jaket Kulit Asli
Toko Jaket Kulit Asli
Beli Jaket Kulit 100% Asli Disini :

WhatsApp / No. HP : 0817-0340-2482
Add Pin BBM : D5C80381
Free Ongkir!

Jaket kulit orisinil mempunyai ciri khas yang unik, salah satunya yakni pola tekstur yang tidak pernah sama antara satu dengan yang lainnya, alasannya yakni memang terbentuk secara alami. Hal ini menjadikannya Istimewa dan membuat jaket kulit orisinil sangat eksklusive.

Wajar kalau jaket kulit original mempunyai harga yang relatif mahal, selain memberi kesan glamor yang menambah percaya diri, jaket kulit orisinil juga berkualitas tinggi.

Tapi apa karenanya kalau jaket kulit yang kita beli dengan harga tidak murah itu ternyata yakni produk palsu atau tiruan?


Tentu Anda tidak mau mengalami hal mirip ini bukan? :)

Karena hal itulah kami dari pengerajin kulit Garut menciptakan artikel ini untuk membantu anda biar sanggup mengenali ciri ciri jaket kulit yang orisinil dan apa saja perbedaannya dengan yang palsu/imitasi.


 Sedang mencari tips cara membedakan jaket kulit orisinil dan palsu Inilah Tips 17 Cara Mengenali Ciri Jaket Kulit Asli
Syafa pengerajin jaket kulit

Namun sebelum membahas lebih lanjut perbedaan jaket kulit orisinil dengan imitasi, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu pengertian / definisi dari jaket kulit orisinil dan jaket kulit palsu. :)

  • Jaket kulit yakni pakaian luar yang mempunyai panjang hingga pinggang berfungsi melindungi pengguna dari udara dan cuaca masbodoh yang terbuat dari materi kulit binatang asli, dan telah mengalami proses kimiawi sebelumnya / penyamakan. Jaket kulit bisa terbuat dari aneka kulit binatang mirip kulit domba, kulit kambing, kulit sapi, kulit buaya, kulit kanguru, dan banyak lagi.
  • Sedangkan jaket kulit palsu yakni jaket yang terbuat dari materi sintetis dan dibentuk dengan maksud memalsukan tampilan materi kulit binatang orisinil yang alami. Istilah lain untuk jaket sintetis ini yakni jaket semi kulit atau jaket kulit imitasi. Dipasaran terdapat banyak sekali brand sintetis dengan kualitas yang berbeda-beda, antara lain kalep oscar, karlit, ferary, viena, harley, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia sendiri para pengerajin jaket kulit umumnya hanya menggunakan 3 jenis materi kulit samak, yakni kulit domba, kambing dan sapi. Ketiganya mempunyai ciri khas masing-masing, bedanya terdapat pada pori-pori dan teksturnya.

Ciri jaket kulit sapi orisinil yakni mempunyai pori-pori yang lebih besar sehingga lebih mencolok dan lebih terasa ketika diraba. Sebaliknya ciri jaket kulit domba orisinil mempunyai pori-pori yang lebih halus, sehinhgga menciptakan materi kulit domba ini terasa lebih lembut ketika diraba. Untuk kulit domba mempunyai tekstur yang unik, berikut perbandingan antara ketiganya :



 Sedang mencari tips cara membedakan jaket kulit orisinil dan palsu Inilah Tips 17 Cara Mengenali Ciri Jaket Kulit Asli
Ciri Jaket Kulit Domba, Kambing & Sapi Asli

Dari ketiga gambar pola materi kulit orisinil diatas, terdapat persamaan yang tidak dimiliki oleh materi kulit palsu/sintetis/imitasi.


Apa sajakah itu?

Berikut ciri ciri jaket kulit imitasi dan cara membedakannya dengan yang orisinil :


1. Aroma


Ciri jaket kulit orisinil niscaya menggunakan materi baku kulit binatang yang telah disamak untuk pembuatannya (melalui proses kimiawi), alasannya yakni itu setiap jaket kulit yang gres akan tercium aroma khas yang berasal dari materi penyamaknnya.

Aroma ini bukanlah amis kulit binatang mirip yang dikira kebanyakan orang melainkan baunya berasal dari materi penyamak yang dipakai, kalau disamak menggunakan krom, maka kan berbau krom. Begitupun untuk samak nabati, jaket kulit akan berbau materi nabati, tergantung materi nabati apa yang digunakan.

Sebaliknya jaket kulit imitasi tidak mempunyai amis mirip itu. Malah kebanyakan jenis jaket kulit sintetis akan beraroma obat kimia polimer, atau mirip dengan amis karet.

Tips menghilangkan amis pada jaket kulit orisinil :
  • Kebanyakan orang tidak menyukai amis dari jaket kulit yang asli, untuk menghilangkan amis pada jaket kulit bisa menggunakan kertas koran atau kertas pembungkus yang higienis untuk membungkus jaket kulit yang gres dibeli, kemudian simpan beberapa usang hingga baunya hilang. Kertas sanggup menyerap amis dengan baik.

2. Asesoris


Salah satu cara membedakan jaket kulit imitasi dengan yang orisinil yakni dengan melihat asesoris yang digunakan. Pengerajin jaket kulit orisinil umumnya mempunyai standar tersendiri untuk pemilihan asesoris tersebut, mustahil asesoris berkualitas rendah dikenakan pada materi kulit orisinil yang glamor dan harganya mahal, alasannya yakni sanggup menurunkan harga jual dan kualitasnya.

Jaket kulit orisinil standarnya menggunakan benang nilon (cirinya mengkilap), bukan benang katun untuk jahitan, sedangkan resleting menggunakan YKK original dan untuk lining atau furing jaket kulit orisinil juga menggunakan Dormeuil England yang lembut dan halus.



3. Garansi


Ciri khas jaket kulit original / orisinil niscaya mempunyai garansi produk, bisa berupa garansi 100% kulit orisinil atau uang kembali, garansi repair, dsb.



 Sedang mencari tips cara membedakan jaket kulit orisinil dan palsu Inilah Tips 17 Cara Mengenali Ciri Jaket Kulit Asli
Guarantee 100% Genuine Leather

Jika sahabat membeli jaket kulit namun penjual tidak mengatakan jaminan atau garansi apapun, perlu diwaspadai apakah produk jaket kulit tersebut memang benar-benar asli.


4. Awet


Sudah bukan belakang layar lagi kalau jaket kulit yang orisinil niscaya lebih abadi dari produk sintetis atau imitasi. Dengan catatan jaket kulit dirawat dengan baik, misal tidak pernah direndam air, dicuci dengan detergent, dsb.



 Sedang mencari tips cara membedakan jaket kulit orisinil dan palsu Inilah Tips 17 Cara Mengenali Ciri Jaket Kulit Asli
Jaket sintetis PVC pecah/mengelupas

Jika anda membeli jaket kulit dengan pemakaian wajar, namun sehabis 3 bulan atau kurang jaket tersebut telah mengelupas dan pecah pecah. Sudah sanggup dipastikan produk tersebut imitasi.


5. Berat


Jaket kulit orisinil umumnya lebih berat dibanding jaket kulit imitasi. Setidaknya untuk produk lokal di Indonesia yang menggunakan full grain leather yakni materi kulit utuh yang belum mengalami proses buffed, sanded, dan split.


Namun perlu diingat bahwa kulit orisinil juga ada majemuk jenis, untuk produk import biasanya menggunakan materi kulit yang sudah di split (dibelah/ditipiskan) sehingga perbedaan beratnya hampir tidak nampak antara kulit orisinil dengan imitasi.


6. Ketebalan


Ciri jaket kulit orisinil bisa dilihat dari ketebalan materi kulitnya yang berkisar antara 0.6mm-0.7mm untuk jaket kulit biasa, dan 1mm untuk jaket kulit motor dan pembuatan jas/blazer kulit.


Hal ini dikarenakan adanya proses penempaan, untuk memperoleh ketebalan kulit yang sama dan lebih halus. Sedangkan materi kulit sintetis biasanya tidak mempunyai ketebalan dikisaran ini.

Alat ukur ketebalan bahan

Untuk mengetahui perbedaannya sahabat fashion bisa mengeceknya dengan menggunakan alat pengukur.


7. Kelenturan


Ciri khas jaket kulit orisinil yakni teksturnya yang mempunyai kelenturan/elastisitas, sedangkan ciri jaket kulit kw / kalep lebih kaku dan tidak mempunyai kelenturan.


8. Terasa Hangat


Memakai jaket berbahan kulit orisinil ketika cuaca masbodoh akan terasa sangat hangat, hal ini tidak sanggup ditiru oleh jaket imitasi. Anda bisa mengujinya di malam hari, ketika mengenakan jaket sintetis udara masbodoh masih tetap terasa, sebaliknya menggunakan jaket kulit sangat nyaman dan menghangatkan.


Jaket kulit b0mer

Saat PD-II awak pesawat b0mer USA bahkan menggunakan jaket berbahan kulit domba (sheepskin leather) untuk menghangatkan badan mereka di suhu masbodoh yang ekstrim pada jarak ribuan kaki diatas tanah.


9. Terasa Sejuk


Salah satu keunggulan jaket kulit original yakni kemampuannya dalam menjaga kelembaban tubuh, pori-pori alami jaket kulit akan menciptakan pemakainya tetap merasa sejuk meskipun dalam kondisi cuaca panas.


Pada jaket semi kulit akan terasa gerah kalau digunakan dikala siang hari atau dalam kondisi cuaca panas.


10. Pola Tekstur


Perbedaan jaket kulit dan kw bisa dicek dari pola teksturnya. Pada jaket kulit orisinil polanya tidak teratur, teksturnya akan terlihat tidak homogen secara alami. Selain itu kalau anda melihatnya dengan teliti akan terlihat pori-pori binatang pada jaket kulit asli. Gunakan beling pembesar atau alat bantu untuk hasil gambar lebih jelas.


Berbeda dengan jaket semi kulit atau syntetic yang permukaannya mempunyai tekstur yang cenderung sama dan konsisten. Karena memang terbuat dari pabrik dan mempunyai cetakan yang sama.


11. Cek Serabut Kulit

Anda bisa mengeceknya dengan melihat celah jahitan jaket kulit yang terdapat pada pangkal jahitan. Perhatikan lembar yang ada dibalik materi kulit, kalau terdapat benang atau kain berarti materi tersebut yakni sintetis.

Untuk jaket kulit orisinil yang ada yakni serat serabut yang ibarat daging mengering.


12. Raba Permukaan Jaket

Ciri jaket kulit sintetis / imitasi yakni permukaannya yang terasa halus. Anda bisa membandingkannya dengan jaket kulit yang asli.


Kulit domba yakni yang paling halus namun tetap akan terasa sedikit garang alasannya yakni keberadaan pori-pori daerah tumbuhnya bulu.

Selain halus materi sintetis juga terasa sedikit lebih kesat kalau dibandingkan dengan materi kulit asli.


13. Cek Sambungan Jaket

Ciri khas jaket kulit original selau terdapat kerutan dibagian sambungan, biasanya diarea lengan.


Pada jaket kulit orisinil selalu terdapat pecahan yang halus dan ada juga yang berkerut. Pengerajin biasanya menaruh pecahan berkerut ini di area mirip sambungan lengan jaket.

Sangat sulit kalau kulit binatang ini hanya diambil pecahan yang halusnya saja untuk pembuatan sebuah jaket kulit, alasannya yakni niscaya ada saja pecahan yang berkerut ditiap lembaran kulit, terlebih kulit binatang pada pecahan perut.


14. Tes Elastisitas

Anda bisa melaksanakan pengujian sederhana dengan cara menarik jaket kulit untuk mengetahui keasliannya.


Bentangkan materi kulit kemudian tarik ke atas dan kebawah, kemudian lakukan hal yang sama dengan arah berlawanan. Tarik kulit ke kanan dan kekiri. Bandingkan perbedaan elastisitasnya.

Jaket kulit yang orisinil akan mempunyai kelenturan atau elastisitas berbeda dikala ditarik keatas-kebawah dan kekanan-kekiri. Panjang/mulurnyapun akan berbeda.


15. Tes Api

Ciri jaket kulit palsu yakni tidak tahan dengan panas, alasannya yakni itu anda bisa mengujinya dengan korek api.


Nyalakan korek api kepermukaan kulit beberapa detik, kalau kulitnya mengelupas bisa dipastikan materi tersebut palsu, sebaliknya kalau yang terjadi hanya panas maka materi tersebut yakni asli.


16. Hasil Pembakaran

Perbedaan jaket kulit dan jaket kalep bisa dicek dengan melaksanakan uji pembakaran.


Untuk memastikan keaslian materi kulit, sahabat fashion bisa meminta sample bahan/potongan kulit pada penjual atau pengerajin.

Bakar hingga hangus teladan materi tersebut, ciri jaket kulit imitasi/oscar/sintetis akan menghasilkan gumpalan-gumpalan mirip plastik yang dibakar. Sedangkan materi kulit orisinil akan menghasilkan debu disisa pembakarannya


17. Harga

Yang terakhir dan paling sering diabaikan oleh orang yakni problem harga. Sebagai konsumen sahabat fashion harus mengetahui kisaran harga yang masuk akal untuk sebuah jaket kulit. Caranya bisa dengan mengecek secara online atau bertanya eksklusif pada toko penjual jaket kulit yang ada.

Jika ada penjual yang memperlihatkan kepada anda jaket kulit orisinil dengan harga yang sangat murah apalagi hingga setengah harga, Anda harus waspada apapun alasannya.

Bisa jadi jaket tersebut yakni produk tiruan, maka dari itu jangan sungkan untuk dengan detail mengecek keasliannya.


Itulah 17 tips gampang dalam mengenali keaslian jaket kulit.



Keberadaan jaket semi kulit memang cukup meresahkan tidak hanya bagi konsumen namun juga produsen jaket kulit yang asli, alasannya yakni biasanya produk imitasi ini dijual dengan harga yang sangat murah sehingga merusak pasaran. 

Sebenarnya keberadaan produk sintetis ini tidak menjadi problem selama tidak ada yang mengklaim sebagai produk asli.

Dalam hal ini tentu saja konsumenlah yang paling dirugikan, alasannya yakni itu;
"Jadilah konsumen yang smart, dan jangan ragu membeli produk jaket kulit yang asli."

Terimakasih telah membaca artikel tips membedakan jaket kulit orisinil dengan yang palsu. 
Untuk gosip dan tips seputar jaket kulit lainnya hubungi kami di kontak berikut :

No. HP/WA : 0817-0340-2482
Add Pin BB : D5C80381



Bantu Bagikan Artikel Ini Jika Menurut Anda Bermanfaat ^^



Sumber http://fashionstylepedia.blogspot.com


EmoticonEmoticon