Sabtu, 18 Maret 2017

√ Kampanye : Pengertian, Tujuan, Fungsi Dan Jenis – Jenis Terlengkap

√ Kampanye : Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Jenis – Jenis Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa lagi dalam artikel seputarilmu.com yang akan membahas mengenai Kampanye dan jenis-jenisnya secara lengkap. Apa yang kau ketahu mengenai Kampanye ?


Jika kau ingin mengetahuinya lebih dalam lagi mengenai Kampanye dikehidupan sehari-hari kamu, mari simak penjelasannya secara lengkap dibawah ini.


 


 yang akan membahas mengenai Kampanye dan jenis √ Kampanye : Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Jenis – Jenis Terlengkap
√ Kampanye : Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Jenis – Jenis Terlengkap

 


Pengertian Kampanye


 


Secara etimologi kata kampanye ini berasal dari bahasa Perancis, yaitu “Campaign” yang artinya lapangan atau  operasi militer. Istilah kampanye ini juga banyak digunakan untuk banyak sekali hal kegiatan, baik itu dalam pemasaran bisnis, pemilihan pemimpin (PILPRES, PILKADA)dan  kegiatan sosial serta banyak sekali kegiatan lainnya.


Kampanye pada prinsipnya juga merupakan suatu proses dari kegiatan komunikasi individu atau kelompok yang dilakukan secara terlembaga dan bertujuan untuk sanggup membuat suatu imbas atau dampak tertentu.


Kampanye ialah serangkaian perjuangan dan suatu tindakan komunikasi yang berkala untuk mendapat suatu sumbangan dari sejumlah besar khalayak yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang secara terorganisir dalam suatu proses pengambilan keputusan dan sanggup dilakukan secara berkelanjutan dalam kurun waktu tertentu.


 


 


Unsur – Unsur Kampanye


 



  • Kegiatan kampanye bertujuan untuk sanggup membuat dampak atau imbas tertentu.

  • Sasaran kampanye ialah khalayak atau sekelompok orang dalam jumlah yang besar.

  • Kegiatan kampanye juga umumnya fokus dalam waktu tertentu.

  • Kampanye juga dilakukan melalui serangkaian tindakan komunikasi yang terorganisir.


 


 


Pengertian Kampanye Menurut Para Ahli


 


1. WWF (The World Wide Fund for Nature)


Kampanye ialah serangkaian alat untuk membuatkan informasi dan meningkatkan kesadaran, untuk meningkatkan kepedulian dan perubahan sikap dari sasaran audiens.


Kampanye juga sanggup dilihat sebagai alat advokasi kebijakan untuk sanggup membuat tekanan public pada actor-aktor kunci, contohnya peneliti, ilmuwan, media massa dan pembuat kebijakan.


 


2. Rogers dan Storey (1987)


Kampanye yaitu  sebagai rangkaian tindakan komunikasi yang berkala dengan tujuan untuk membuat imbas tertentu pada sejumlah besar khalayak yang dilakukan secara berkelanjutan pada kurun waktu tertentu.


 


3. Antar Venus



  • Tindakan kampanye yang ditujukan untuk sanggup membuat imbas atau dampak tertentu.

  • Jumlah khalayak ialah sasaran yang besar.

  • Dipusatkan atau ditentukan dalam kurun waktu tertentu.

  • Melalui serangkaian tindakan komunikasi yang sudah terorganisasi.


 


4. Rajasundarman


Kampanye ialah pemanfaatan suatu metode komunikasi kepada khalayk umum supaya terkoordinasi dalam waktu tertentu. Kampanye harus ditujukan untuk sanggup mengarahkan kepada masyarakat mengenai permasalahan dan pemecahan masalah.


 


5. Undang-Undang (UU)


Menurut UU pasal 1 ayat 26 No. 10 tahun 2008 pengertian kampanye ialah suatu atau serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh penerima pemilu untuk meyakinkan para pemilih dengan memberikan visi, misi dan acara yang ditawarkan oleh calon penerima Pemilu.


 


6. Kotler dan Roberto


Kampanye ialah serangkaian upaya yang dilakukan oleh seseorang atau berkelompok untuk menamankan ide, sikap, prilaku yang dinginkan pelaku kampanye.


 


7. Cangara (2011)


Kampanye ialah suatu kegiatan atau acara komunikasi yang dipergunakan untuk memengaruhi masyarakat supaya mengusai dan mempunyai wawasan terhadap sikap yang menjadi impian pemberi informasi.


 


8. Rachmadi (1993)


Kampanye ialah suatu kegiatan yang telah terorganisir secara sistematis untuk sanggup mendorong masyarakat melaksanakan sesuatu yang diangginkan.


 


9. Pfau dan Parrot (1993)


Kampanye yakni salah satu proses yang disusun secara sistematis, sadar, sedikit demi sedikit ,dan berkelanjutan yang dilakukan pada jagka waktu tertentu.


 


10. Leslie B. Snyder (Dalam Gudykunst dan Mody, 2002)


Kampanye ialah suatu bentuk dari tindakan komunikasi yang sudah terorganisasi secara sistemati dengan diarahkan kepada pihak tertentu guna tercapainya tujuan tertentu.


 


11. Imawan (2011)


Kampanye ialah suatu upaya persuasif yang dilakukan seseorang kepada orang lain supaya sepaham terhadap idea tau gagasan yang ditawarkan.


 


12. Ruslan (2007)


Kampanye sanggup diartikan sebagai sebuah pemanfaatan banyak sekali metode komunikasi yang berbeda secara terkoordinasi dalam periode waktu tertentu yang ditujukan untuk mengarahkan khalayak pada dilema tertentu berikut pemecahannya.


 


13. Nimmo (2011)


Kampanye ialah sebuah bentuk persuasi massa dimana seorang komunikator politik memberikan suatu himbauan kepada massa baik melalui relasi tatap muka ataupun melalui jenis media berperantara yaitu media elektronik, media cetak, atau poster.


 


 


Fungsi Kampanye


 


Secara umum, fungsi kampanye yaitu sebagai informasi supaya masyarakat lebih tanggap terhadap suatu pesan yang disampaikan dalam kampanye.


Menurut Drs. Antar Venus, MA, fungsi kegiatan kampanye yaitu sebagai berikut :



  • Sebagai suatu sarana informasi yang sanggup mengubah pola pikir masyarakat.

  • Sebagai upaya dalam pelaksana kampanye untuk mencapai tujuan dengan menggugah kesadara dan pendapat masyarakat terhadap isu tertentu.

  • Pengembangan suatu perjuangan dengan membujuk khalayak untuk membeli produk yang dipasarkan.

  • Untuk sanggup membangun gambaran faktual penerima kampanye.


 


 


Media Kampanye


 


Berikut ini terdapat beberapa media dalam kampanye yakni sebagai berikut ini :



  • Media Elektronik contohnya saja ialah televisi dan radio.

  • Media Cetak contohnya saja ialah koran, tabloid dan majalah.

  • Media Komunikasi Kelompok contohnya saja ialah pameran, seminar dan diskusi panel.

  • Media Luar Ruangan contohnya saja ialah poster, banner, billboard dan papan nama.

  • Media Digital contohnya menyerupai website dan sosial media.


 


 


Tujuan Kampanye


 


1. Ajakan


Tujuan dari kampanye yaitu untuk sanggup mengajak para masyarakat untuk memberikan bunyi terhadap calon pemimpin yang sedang dikenalkan terhadap masyarakat banyak. Sejatinya kampanye berisi suatu seruan untuk menghasur masyarakat supaya mendapat bunyi terbanyak.


 


2. Anjuran


Kampanye juga berisi wacana sebuah anjuran. Anjuran yang digunakan dalam kampanye ini biasanya penganjuran yang baik menyerupai seorang atlit menganjurkan makan makanan yang bergizi kepada masyarakat supaya senantiasa hidup sehat.


 


3. Sosialisasi


Pengertian sosialiasi merupakan suatu tujuan kampanye yang terakhir. Bentuk sosialisasi ini mempunyai tujuan untuk sanggup memberikan pengertian kepada masyarakat wacana pentingnya melaksanakan sesuatu. Sebagai rujukan pemberian sosialisasi pada masyarakat supaya senantiasa sanggup membuang sampah pada tempatnya supaya tercipta lingkungan yang higienis dan sehat.


 


 


Perbedaan Kampanye dan Propaganda


 


Pengertian Propaganda berdasarkan para mahir yaitu sebagai berikut :


 


1. Harold D. Lasswell


Propaganda ialah suatu penggunaan simbol-simbol untuk mempengaruhi sikap atau manipulasi perasaan manusia.


 


2. Qualter


Propaganda ialah suatu upaya secara sengaja oleh beberapa individu atau kelompok untuk sanggup membentuk, mengontrol, atau mengubah sikap kelompok lain dengan memakai instrumen komunikasi demi mencapai tujuan.


 


Jadi, perbedaan antara kampanye dan propaganda ialah sebagai berikut :



  • Propaganda in tidak ada waktu.

  • Propaganda menginginkan suatu perubahan cepat.

  • Kampanye ini tidak dibatasi waktu.

  • Kampanye juga mempunyai pola-pola tertentu.


 


 


Perbedaan Kampanye Dan Iklan


 


Kampanye :



  • Kampanye sama saja dengan acara kerja, butuh proses yang sanggup melibatkan jangka waktu yang panjang, kontinuitas dan konsistensi. Yang menjadi tujuan utama dari kempanye ialah sebuah pencitraan.

  • Kampanye ini merupakan salah satu kegiatan penerima dari pemilu dengan tujuan untuk meyakinkan para pemilih dengan memberikan visi, misi dan acara penerima pemilu ( Pasal 1 angka 26 UU Nomor 10 tahun 2008).

  • Kampanye ialah sebuah istilah yang sanggup digunakan pada dikala pemilu dan menonjolkan kelebihan acara penerima pemilu.


 


Iklan :



  • Iklan juga berkhasiat untuk sanggup mengkomunikasikan gagasan-gagasan dan produk-produk politik melalui media massa tertentu oleh kontestan tertentu. Bertujuan untuk sanggup memberikan informasi, meningkatkan ketanggapan seseorang pada suatu kandidat dan mempersuasi publik.

  • Iklan merupakan suatu sarana atau media yang digunakan atau digunakan kampanye untuk mempublikasikan visi,misi dan acara penerima pemilu.

  • Iklan mementingkan suatu komersial.

  • Iklan juga muncul sebagai suatu media publikasi perta-tama ditujukan untuk mendukung suatu kegiatan komersial produsen, biasanya berupa pengenalan produk, informasidan menarik calon konsumen untuk sanggup membeli produknya.

  • Iklan tersebut meliputi seluruh produk yang sanggup dipublikasikan tanpa terkecuali.


 


 


Jenis – Jenis Kampanye


 


Jenis Kampanye Berdasarkan Orientasinya


 


1. Product Oriented Campaigns


Ini merupakan salah satu kampanye yang berorientasi pada produk. Jenis kampanye ini umumnya dilakukan dalam lingkungkan bisnis komersil. Kampanye ini bertujuan untuk sanggup membangun gambaran faktual terhadap produk yang diperkenalkan ke masyarakat.


 


2. Candidate Oriented Campaigns


Ini merupakan salah satu kampanye yang berorientasi pada kandidat. Kampanye ini biasanya mempunyai latar belakang hasrat untuk kepentingan politik saja. Misalnya yaitu kampanye PEMILU, kampanye PILKADA.


 


3. Ideologically or Cause Oriented Campaigns


Kampanye ini sangat berorientasi pada tujuan-tujuan khusus yang sifatnya sosial. Seperti yang pernah dijelaskan oleh Kotler, kampanye perubahan sosial bertujuan untuk sanggup menangani banyak sekali dilema sosial dengan perubahan pandangan, sikap, dan sikap masyarakat.


Contohnya yaitu kampanye imunisasi, kampanye ASI, kampanye Donor Darah, kampanye Keluarga Berencana (KB).


 


Jenis Kampanye Berdasarkan Isi


 


1. Kampanye Positif (Positive Campaign)


Ialah salah satu jenis kampanye yang mengandung identifikasi produk ataupun individu yang dikampanyekan. Pada biasanya suatu informasi yang disampaikan wacana kondisi-kondisi yang baik saja.


 


2. Kampanye Negatif (Negative Campaign)


Ialah salah satu jenis kampanye umumnya kampanye negatif dirangkaikan oleh pesaing dimana isi kampanyenya memberitahukan wacana kelemahan produk ataupun individu. Pada biasanya kampanye negatif tersebut berdasarkan suatu informasi dan keterangan yang telah berlangsung sebelumnya.


 


3. Kampanye Hitam (Black Campaign)


Ialah suatu jenis kampanye yang bermaksud untuk melenyapkan sikap individu atau ataupun yang merupakan pesaing kampanyenya. Namun, suatu informasi yang diterangkan dalam kampanye hitam (black campaign) tersebut umumnya berbentuk hinaan, kebohongan (dusat) dan isu palsu (hoax).


 


Demikianlah pembahasan terlengkap mengenai  √ Kampanye : Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Jenis – Jenis Terlengkap. Semoga bermanfaat dan sanggup menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


 


Baca Juga Artikel :


Baca Juga :  √ Reformasi : Pengertian, Tujuan, Faktor Pendorong dan Latar Belakang Terlengkap


Baca Juga :  √ 71 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli : Tujuan, Fungsi & Jenisnya Terlengkap


Baca Juga :  √ Pengertian Politik, Tujuan, Macam Dan Perilakunya Terlengkap


Baca Juga :  √ Bhinneka Tunggal Ika : Pengertian, Sejarah, Peran dan Konsep Terlengkap



Sumber aciknadzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon