Rabu, 04 Oktober 2017

Pengertian Simbol Materi Kimia


Bahan kimia pada umumnya mempunyai ancaman tersendiri. Bahaya tersebut sanggup berupa mempunyai racun, gampang terbakar, korosif, dan lain sebagainya. Oleh alasannya ialah itu, dibuatlah simbol tertentu pada materi kimia biar kita tahu apa ancaman dari materi kimia tersebut. Berikut ini ialah klarifikasi serta pencegahan dari tiap simbol materi kimia.

Simbol Bahan Kimia

1.Eksplosif (E= explosive)




Arti dari simbol ini ialah materi kimia tersebut gampang meledak. Untuk menghindari ledakan dari materi kimia tersebut maka kita harus menghindari materi tersebut dari benturan, tabrakan, guncangan, api, dan panas. Contoh materi kimia yang mempunyai simbol ini ialah : Amonium dikromat, dan nitroselulosa.

2.Mudah Terbakar (F= flammable)



Arti dari simbol ini ialah materi kimia tersebut gampang terbakar. Untuk menghindari terbakarnya materi tersebut maka materi tersebut harus terhindar dari kontak dengan udara atau air. Contoh materi kimia yang mempunyai simbol ini ialah : Butana, propana, aseton, benzena, dan dietil eter.

3.Beracun (T = Toxic)




Arti dari simbol ini ialah materi kimia tersebut beracun. Untuk menghindari resiko terkena racunnya, maka usahakan materi tersebut jangan hingga kontak eksklusif dengan tubuh. Contoh materi kimia yang mempunyai simbol ini ialah : Arsen, dimetil, sulfat, dan timbel.

4.Korosif (C= Corrosive)



Arti dari simbol ini ialah materi kimia tersebut bersifat korosif atau sanggup dengan gampang menjadikan pengikisan. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan maka hindari kontak eksklusif dengan tubuh. Contoh dari materi kimia yang mempunyai simbol ini ialah : Asam sulfat dan Brom.

5.Berbahaya (H= Harmful)




Arti dari simbol ini ialah materi kimia tersebut berbahaya atau sanggup jadi sangat berbahaya. Jangan hingga materi ini kontak eksklusif dengan tubuh, serta jangan menghirup uap yang dihasilkan oleh materi ini. Contoh dari materi kimia yang mempunyai simbol ini ialah : Piridin, dan trikloroetilena.

6.Oksidator (O= Oxidizing)




Arti dari simbol ini ialah materi kimia tersebut sanggup menjadikan kebakaran ketika panas ketika kontak dengan materi organik atau pereduksi. Agar terhindar dari kebakaran maka materi ini harus dijauhkan dari panas. Contoh dari materi kimia yang mempunyai simbol ini ialah : Natrium peroksida, dan kalium perklorat.

Itu tadi klarifikasi mengenai simbol materi kimia. Semoga dengan adanya artikel ini sanggup menciptakan pembaca lebih berhati-hati ketika berhadapan dengan banyak sekali materi kimia.

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya.

Referensi :
TIM ABDI GURU. 2016. IPA TERPADU Jilid 1 Kelas VII SMP/MTs. Jakarta: Erlangga
Sumber http://thekingslau.blogspot.com


EmoticonEmoticon