Selasa, 15 Mei 2018

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Apel Secara Lengkap

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Apel Secara Lengkap


Sedulurtani.com. Tanaman Apel (Malus Mill.), merupakan flora yang terkenal dikalangan masyarakat dunia alasannya ialah rasanya yang nikmat dan menyegarkan. Tanaman apel diduga berasal dari Israel-Pakistan, dan kemudian menyebar ke seluruh negara di dunia termasuk Indonesia.


Di Indonesia flora apel banyak diusahakan di Batu Malang dan Soe Timor Timur Selatan. Buah apel mempunyai bentuk lingkaran dengan cekungan pada bab atas dan bawah serta mempunyai warna hijau, kuning, maupun merah.


Buah ini diketahui mempunyai aneka macam manfaat bagi kesehatan badan kita, mirip halnya mencegah kanker, menyehatkan jantung, dan mencegah diabetes.


Sementara itu, flora apel sendiri sanggup tumbuh dengan ketinggian mencapai 10 meter, akan tetapi sekarang dibuat mirip semak dengan tinggi 2-3 meter. Untuk mengetahui lebih terang wacana flora apel, maka Sedulurtani.com sajikan gosip terkait Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Apel Secara Lengkap.


Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Apel Secara Lengkap Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Apel Secara Lengkap
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Apel Secara Lengkap


Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Apel Secara Lengkap


Berikut ini ialah pembagian terstruktur mengenai flora apel.

KINGDOM  : Plantae (Tumbuhan)


SUB KINGDOM  : Tracheobionta (Tumbuhan Berpembuluh)


SUPER DIVISI : Spermatophyta (Tumbuhan Berbiji)


DIVISI : Magnoliophyta (Tumbuhan Berbunga)


KELAS : Magnoliopsida (Tumbuhan Dikotil)


SUB KELAS  : Rosidae


ORDO : Rosales


FAMILI  : Rosaceae


GENUS  : Malus Mill.


SPESIES : Malus sylvestris Mill.


Setelah anda mengetahui pembagian terstruktur mengenai dari flora apel, maka selanjutnya yaitu morfologi dari flora apel. Berikut ini ialah morfologi dari flora apel.


Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Apel Secara Lengkap


Morfologi flora apel.

1.Akar


Tanaman apel mempunyai jenis akar tunggang yang tegak lurus ke bawah dan akar samping yang tidak begitu banyak. Perakaran flora ini mempunyai sifat berpengaruh dan dalam. Fungsi akar flora apel sama mirip flora lainya, yaitu untuk menyokong berdirinya flora dan juga untuk menyerap unsur hara tanah.


2.Batang


Tanaman apel mempunyai struktur kayu yang keras dan kuat. Kayu ini cukup tebal dengan warna coklat hingga kuning  keabu-abuan. Pohon flora ini bercabang sedikit dengan arah percabangan cenderung ke atas (vertikal).


3.Daun


Tanaman apel mempunyai daun tunggal, berbentuk lonjong dengan lebar bervariasi tergantung dengan varietasnya. Pada bab ujung daun meruncing dan bergerigi dari pangkal hingga ujung daun. Daun flora apel berbulu kasar, dan tersebar melingkar pada sepanjang cabang.


4.Bunga


Bunga flora apel mempunyai tangkai yang pendek dan menghadap ke atas. Bunga ini mempunyai tandan, dan pada setiap tandanya terdapat 7-9 bunga yang tumbuh pada ketiak daun.


Bunga tersebut mempunyai mahkota berwarna putih atau merah yang terdiri dari 5 helai kelopak daun. Bunga flora apel menyerbuk silang melalui pemberian lebah madu dan lalat hijau.


5.Buah


Buah apel mempunyai bentuk lingkaran hingga lingkaran telur dengan lekukan pada bab atas dan bawah buah. Buah ini mempunyai kulit yang tipis dan mengkilap dengan warna hijua, kuning, ataupun merah tergantung dari varietasnya.


Daging buah apel berwarna krem dengan tekstur yang keras tetapi renyah dan mengandung sedikit air.


6.Biji


Biji apel mempunyai bentuk lonjong kecil dan runcing dengan warna kecoklatan. Biji apel berjumlah sedikit dan mempunyai tekstur yang keras. Meskipun biji apel kecil, akan tetapi perlu diwaspadai alasannya ialah biji tersebut mengandung sianida. Maka, usahakan jangan hingga memakan biji dari buah apel alasannya ialah sanggup meracuni tubuh.


Baca juga :



Demikian artikel tentang, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Apel Secara Lengkap. Semoga Artikel ini sanggup menjadi rujukan bagi anda yang sedang mencari gosip terkait dengan flora apel.



Sumber https://www.sedulurtani.com


EmoticonEmoticon