Senin, 14 Mei 2018

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Sirsak Secara Lengkap

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sirsak Secara Lengkap


Sedulurtani.com. Mungkin bagi Anda sirsak merupakan buah yang sudah tidak gila lagi, atau bahkan mungkin sirsak yaitu salah satu buah yang Anda gemari.


Buah yang cukup terkenal dikalangan dunia ini berasal dari Amerika Tropis, yakni sekitar Peru, Meksiko, dan Argentina. Kemudian tumbuhan ini menyebar ke Filiphina dan juga Indonesia.


Buah sirsak mempunyai rasa bagus dan asam serta mengandung banyak air, sehingga sanggup menyegarkan bagi yang mengkonsumsinya. Berbagai manfaat sanggup Anda temukan pada tumbuhan ini, mulai dari buahnya, daunya, bahkan sampai kulit batangnya.


Untuk mengenal lebih dalam perihal tumbuhan sirsak, maka pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com ingin menyebarkan info tentang, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sirsak Secara Lengkap.


Berikut ini yaitu penjabaran dari tumbuhan sirsak :




















































KingdomPlantae
Sub KingdomViridiplantae
Infra KingdomStriptophyta
Super DevisiEmbryophyta
DevisiTracheophyta
Sub DevisiSpermatophytina
KelasMagnoliopsida
Super OrdoMagnolianae
OrdoMagnoliales
FamiliAnnonaceae
GenusAnnona L.
SpesiesAnnona muricata L.

Setelah anda mengetahui penjabaran dari tumbuhan sirsak, maka selanjutnya yaitu morfologi dari tumbuhan sirsak. Berikut ini yaitu morfologi dari tumbuhan sirsak.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sirsak Secara Lengkap Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sirsak Secara Lengkap
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sirsak Secara Lengkap


1. Daun

Daun tumbuhan sirsak mempunyai bentuk lingkaran telur dan pada ujungnya berbentuk lancip. Daun ini berwarna hijau hijau muda sampai hijau bau tanah dengan ukuran panjang antara 6-18 cm dan lebar 3-7 cm serta berukuran tebal.


Daun pada bab permukaan atas mempunyai ciri warna hijau mengkilap, sedangkan pada bab bawah daun berwarna kusam. Daun sirsak mempunyai amis yang spesifik langu dengan tangkai yang pendek antara 3-10mm.


2. Buah

Buah sirsak mempunyai bentuk buah sejati berganda yaitu buah yang berasal dari satu bunga yang sanggup membentuk bakal buah yang banyak, akan tetapi hanya membentuk satu buah.


Buah sirsak mempunyai duri sisik yang halus dan berwarna hijau. Sedangkan pada daging buah mempunyai warna putih, lembek, berserat, dan berair, serta mamiliki biji yang jumlahnya banyak dengan warna coklat ataupun hitam.


3. Bunga

Bunga tumbuhan sirsak tergolong bunga tunggal, yaitu dalam satu bunga terdapat banyak putik sehingga sering kali dinamakan juga bunga berpistil majemuk.


Bunga tumbuhan sirsak mempunyai ukuran cukup besar, bermahkota tebal dan berwarna hijau. Bunga ini tersusun dari lapisan-lapisan mahkota, yaitu tiga helai lapisan dalam dan tiga helai lapisan luar.


Bunga tersebut muncul pada bab tunas yang pendek disepanjang cabang ataupun ranting. Penyerbukan pada bunga ini secara umum melalui mediator serangga pencari madu.


4. Biji

Biji buah sirsak berwarna coklat kehitaman, halus, dan mengkilat serta pada bab ujung tumpul. Sedangkan pada biji buah yang tidak normal mempunyai warna agak putih dan tidak terlalu keras.


Ukuran biji sirsak, yaitu mempunyai panjang sekitar 16mm dan lebar 9mm dengan jumlah biji pada setiap buah antara 20-70 biji.


Baca juga :



Demikian artikel tentang, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sirsak Secara Lengkap. Semoga sanggup bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari info yang berkaitan dengan tumbuhan sirsak.



Sumber https://www.sedulurtani.com


EmoticonEmoticon