Selasa, 26 Juni 2018

Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.8 Revisi 2017 (Semester 1)

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Pertama KELAS 7 KD 3.8 REVISI 2017 (SEMESTER 1)

Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yang sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1 KD 3.8  Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP KD 3.8

Nama Sekolah    :
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/1
                                    Alokasi Waktu   :  10 JP


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati anutan agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan bencana tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bagian C
3.8 Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
Indikator
  • Menjelaskan hasil telaah terhadap struktur teks laporan hasil observasi
  • Menjelaskan perbedaan teks laporan hasil observasi dan teks deskripsi
  • Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks laporan hasil observasi
  • Melengkapi teks laporan hasil observasi sesuai dengan telaah struktur dan bahasa
  • menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca

C.  Materi Pembelajaran
  1. Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
·         Struktur teks laporan hasil observasi
·         Karakteristik tiap bab teks laporan hasil observasi
·         Contoh cara melengkapi teks laporan hasil observasi
·         Contoh penggunaan kata/ istilah, kata sambung, kalimat efektif, paragraf padu
·         Contoh perbaikan kata tidak baku pada teks laporan hasil observasi
·         Contoh perbaikan penggunaan tanda baca/ ejaan yang salah maupun yang kurang tepat
·         Contoh perbaikan paragraf kurang padu menjadi paragraf padu

Keterampilan
·         Praktik melengkapi struktur  teks laporan hasil observasi (melengkapi bagian
·         identifikasi/ citra umum, laporan hasil observasi bagian)
·         Praktik memvariasikan pola penyajian deskripsi bab pada teks HO
  • Praktik menciptakan telaah ketepatan struktur dan penggunaan bahasa/ tanda baca/ ejaan pada teks laporan hasil observasi

2Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
  • Struktur teks laporan hasil observasi
  • Karakteristik tiap bab teks laporan hasil observasi
  • Contoh cara melengkapi teks laporan hasil observasi
  • Contoh penggunaan kata/ istilah, kata sambung, kalimat efektif, paragraf padu
  • Contoh perbaikan kata tidak baku pada teks laporan hasil observasi
  • Contoh perbaikan penggunaan tanda baca/ ejaan yang salah maupun yang kurang tepat
  • Contoh perbaikan paragraf kurang padu menjadi paragraf padu

Keterampilan
  • Praktik melengkapi struktur i teks laporan hasil observasi (melengkapi bagian
  • identifikasi/ citra umum, laporan hasil observasi bagian)
  • Praktik memvariasikan pola penyajian deskripsi bab pada teks LHO
  • Praktik menciptakan telaah ketepatan struktur dan penggunaan bahasa/ tanda baca/ ejaan pada teks laporan hasil observasi.

3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
  • Struktur teks laporan hasil observasi (dentifikasi, laporan hasil observasi bagian)
  • Contoh variasi bab definisi umum/ pernyataan umum
  • Contoh variasi pengembangan laporan hasil observasi ( deskripsi bagian)
  • Cara menyebarkan paragraf pada laporan hasil observasi
  • Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca/ ejaan (koma, kapital, titik dua)
  • Contoh benar dan pola salah penggunaan kata/ kalimat pada kalimat definisi dan klasifikasi
  • Contoh pengembangan paragraf umum –khusus pada teks laporan hasil observasi
  • Contoh pengembangan paragraf kalsifikasi
  • Prinsip mengurutkan teks laporan hasil observasi
  • Prinsip menyebarkan teks laporan hasil observasi paragraf rincian
  • Prinsip menyebarkan paragraf pada teks laporan hasil observasi
  • Prinsip memakai kata/ istilah
  • Prinsip menyusun definisi
  • Prnsip menyusun paragraf klasifikasi
  • Prinsip penggunaan ejaan dan tanda baca

Keterampilan
  • Praktik mengurutkan bab teks laporan hasil observasi
  • Praktik melengkapi unsur-unsur teks laporan hasil observasi
  • Praktik memvariasikan susunan teks laporan hasil observasi
  • Praktik menyunting teks laporan hasil observasi
  • Contoh aktivitas bab B

Sikap utama yang ditumbuhkan : sikap peduli, jujur berkarya, tanggung jawab, toleran
dan kolaborasi , proaktif, dan kreatif.


D.  Kegiatan Pembelajaran
  1.  Pendahuluan
  • Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi berguru dan mengabsen penerima didik.
  • Guru bertanya-jawab perihal bentuk teks laporan hasil observasi yang telah dipelajari dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Dibuka dengan hal-hal yang sanggup menggairahkan suasana berguru dan ada hubungannya dengan materi yang akan dipelajari.
  • Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
  • Bertanya jawab perihal manfaat pembelaran yang akan dipelajari.
  • Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang.

2.  Kegiatan Inti
Bagian B: Prakonstruksi
Pertemuan Pertama (3 JP)
  • Mengamati tabel struktur teks laporan hasil observasi
  • Menggali informasi perihal karakteristik identifikasi, laporan hasil observasi bagian
  • Membaca teori pola pengembangan isi LHO pada buku siswa
  • Latihan mengidentifikasi struktur teks laporan hasil observasi
  • Diskusi menyimpulkan karakteristik struktur, pola pengembangan isi teks laporan hasil observasi

Pertemuan Kedua (3 JP)
  • Mengamati penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca
  • Mempertanyakan bagaimana cara menyebarkan definisi umum, paragraf klasifikasi
  • Menggali informasi dari banyak sekali sumber
  • Membaca pola penggunaan kalimat definisi, kata baku, kalimat efektif pada buku siswa
  • Berdiskusi menelaah penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca pada teks LHO
  • Mengomunikasikan hasil
  • Guru memberi penguatan

Pertemuan Ketiga (4 JP)
  • Mengamati bagian-bagian yang tidak lengkap
  • Bertanya bagaimana cara melengkapi
  • Membaca menggali informasi cara melengkapi teks laporan hasil observasi
  • Bermain melengkapi teks laporan hasil observasi
  • Menyimpulkan cara melengkapi
  • Mengomunikasikan hasil
  • Membaca dan mengamati pola kesalahan penggunaan kata, kalimat, paragraf, tanda baca/ ejaan
  • Menggali informasi perihal kaidah penggunaan kata/ istilah, kalimat efektif, penyusunan paragraf, penggunaan tanda baca
  • Berdiskusi alasan kesalahan
  • Bermain memperbaiki kesalahan
  • Menyajikan perbaikan dari kesalahan


3.  Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
  • Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan aktivitas pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
  • Siswa mendapatkan umpan balik perihal proses pembelajaran.
  • Siswa diwajibkan membaca buku pengetahuan terkenal untuk meningkatkan diri, mengasihi lingkungan atau menambah wawasan perihal ilumu. Misalnya membaca perihal meteor, perihal penyakit hati, perihal usus mausia, perihal fauna dan tumbuhan Indonesia.
  • Siswa mendapatkan penyampaian perihal aktivitas pembelajaran pertemuan berikutnya.

E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1.  Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan kiprah yang dikerjakan secara kelompok.
Indikator Soal :
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:
Disajikan teks laporan hasil observasi.
Jawablah pertanyaan berikut!
  1. Sruktur teks laporan hasil observasi meliputi ….
  2. penggunaanadalah dan merupakan dalam struktur teks hasil observasi merupakan ciri bahasa pada bab ….
  3. Deskripsi bab berisi ….
  4. Apa perbedaan perbedaan teks laporan hasil observasi dan teks deskripsi dari segi objek yang dibahas?
  5. Kata atau adonan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu disebut ….
  6. Sebutkan 3 pola istilah biologi!
  7. Pola pengembangan isi laporan tergantung apa yang diobservasi. Tulislah pola pengembangan isi dalam teks laporan hasil observasi.
  8. Berdasarkan bentuknya maka terumbu karang sanggup dikelompokkan menjadi dua. suntinglah kalimat yang mengungkapkan pembagian terstruktur mengenai tersebut!
  9. Pantai mempunyai banyak sekali macam-macam manfaat baik secara ekologi dan ekonomi. Perbaikilah kalimat tersebut!
  10. Huruf pertama nama diri atau nama diri geografi bila kata yang mendahuluinya menggambarkan kekhasan budaya memakai abjad ….
  11. Kalimat yang memakai kaidah/ strutur bahasa Indonesia dan pilihan kata baku disebut ….
  12. Sebuah kalimat dinyatakan efektif bila ….
  13. Kesamaan bentuk kata yang dipakai dalam kalimat disebut ….
  14. Apa yang dimaksud dengan kehematan?
  15. Mahasiswa akademi tinggi yang terkenal itu mendapatkan hadiah. Perbaikilah Kalimat tidak cermat tersebut!

Kunci jawaban
  1. Pernyataan umum, deskripsi bagian, deskripsi manfaat, simpulan.
  2. Definisi.
  3. Perincian bagian-bagian hal yang dilaporkan.
  4. Teks LHO membahas objek secara umum sedangkan teks deskripsi membahas objek secara khusus.
  5. Istilah.
  6. Abiotik, amputasi, anatomi, antioksidan, asimilasi, aorta, benangsari, ekosistem, embrio, empat sehat lima sempurna, genetika, hermaprodit, insekta, komplikasi, kornea mata, penyerbukan silang, sporadis, transplantasi, umbi batang, vaksin.
  7. Contoh: definisi pantai, uraian jenis pantai dari banyak sekali segi, manfaat pantai.
  8. Berdasarkan bentuknya terumbu karang sanggup dikelompokkan menjadi dua.
  9. Pantai mempunyai banyak sekali manfaat baik secara ekologi maupun ekonomi.
  10. Huruf kapital.
  11. Kalimat efektif.
  12. Mengandung beberapa ciri khas, yaitu kesepadanan struktur, keparalelan bentuk, ketegasan makna, kehematan kata, kecermatan penalaran, kepaduan gagasan, dan kelogisan bahasa.
  13. Keparalelan.
  14. Kehematan ialah hemat mempergunakan kata, frasa, atau bentuk lain yang dianggap tidak perlu.
  15. Mahasiswa akademi tinggi terkenal itu mendapatkan hadiah. (benar)

2.  Penilaian Keterampilan
Bermain Peduli dan Cinta Bahasa Indonesia Bermainlah sambil pertanda kepedulianmu terhadap penggunaan bahasa Indonesia. Dalam permainan ini gurumu akan membagi menjadi dua kelompok besar. Tiap kelompok akan mencari penggunaan kalimat yang salah pada teks laporan hasil observasi. Kamu sanggup mencari di semua media massa atau media sosial. Kemudian kau telaah mengapa kalimat itu salah.Setelah kau telaah kesalahannya kau perbaiki.Tulis tiap kalimat, telaah kesalahan, dan perbaikannya pada kertas terpisah. Secara ringkas lakukan aktivitas berikut!
  1. Carilah kesalahan penggunaan kalimat pada teks laporan hasil observasi pada banyak sekali media massa/ media sosial!
  2. Bacalah banyak sekali buku yang menjelaskan kaidah penggunaan bahasa Indonesia (penggunaan kalimat perintah, teks prosedur, penggunaan tanda baca dan abjad kapital)
  3. Telaahlah mengapa kalimat tersebut salah!
  4. Perbaiki kalimat yang kurang efektif !
  5. Perbaikilah penulisan tanda baca/ ejaan yang salah!
  6. Tulis ketiga bab pada separoh kertas ukuran HVS secara terpisah. Satu bab satu kertas (kalimat salah, alasan kesalahan, kalimat perbaikan)
  7. Gurumu akan memandu bermain tabrak cepat memasangkan dan menntukan ketepatan alasan dan perbaikan yang kau lakukan.
Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir

3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas aktivitas pembelajaran remedial, yang sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, berguru kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat             :  Buku, video.
Bahan                    :   Struktur teks laporan hasil observasi
Sumber Belajar      :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 138 s.d 158.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 82 s.d 84.
http://kecilnyaaku.com Kategori: Jenis Teks, Kotak Info dan Tugas





= Baca Juga =




Sumber http://forumgurunusantara.blogspot.com


EmoticonEmoticon