Jumat, 22 Juni 2018

Skripsi Tugas Humas Untuk Mengangkat Gambaran Pemerintah Kota X

(Kode ILMU-KOM-0010) : Skripsi Peran Humas Untuk Mengangkat Citra pemkot X

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Paradigma gres ketika ini mencakup globalisasi dan teknologi yang semakin berkembang, maka dengan perkembangan itulah banyak pula persaingan diberbagai aspek kehidupan contohnya di dunia kerja untuk mencapai sesuatu yang berbeda dan yang terbaik, maka di dunia kerja kita dituntut untuk mempunyai ketrampilan, ilmu dan kemampuan. Oleh alasannya yaitu itu untuk mencapainya kinerja yang maksimal salah satu Lembaga pendidikan yaitu Perguruan Tinggi harus bisa mencetak Sumber Daya Manusianya yang bisa bersaing dan mapan, untuk mempersiapkan itu semua maka Universitas X Fakultas Ilmu Sosial dan Politik mewajibkan para mahasiswanya mengadakan training magang di Instansi Pemerintahan maupun Istansi Swasta, biar sanggup menerapkan dan mempraktekan ilmu yang pernah di sanggup selama kuliah dengan kenyataan di dunia kerja.
Membahas wacana Komunikasi dan Public Relation dalam melaksanakan fungsi dan kegiatannya Public Relation berpusat pada komunikasi. Berarti bahwa tidak ada aktifitas tanpa ada komunikasi secara eksklusif maupun tidak lansung, mulut maupun non mulut dengan bentuk apapun, alasannya yaitu dengan komunikasi kita bisa membuat persamaan pengertian mengenai informasi, ide, pemikiran, dan sikap kita terhadap rang lain, sehingga menumbuhkan terciptanya persamaan mengenai pesan tertentu sehingga mendapat suatu pengertian.
Dalam proses komunikasi ada komponen-komponen yang terlibat diantaranya sumber, pesan, saluran, dan komunikasi. Bahwa ketika ini perkembangan komunikasi tidak memungkinkan lagi bagi kita untuk menutup-nutupi suatu fakta. Maka dengan komunikasi itu menjadi muncul adanya saling pengertian dan kepercayaan.
Dewasa ini Humas dituntut untuk manghadapi dan mempunyai fungsi yang beragam, tentunya dengan bersikap professional. Bersikap professional, yaitu berfikir secara meluas, orientasi bertanggungjawab kepada masyarakat, pemahaman dan realisasi. Sehingga Public Relation secara continue meminimalisasi munculnya keluhan, konflik, isu-isu dan sebagainya. Fungsi Public Relation yang dilaksanakan dengan baik benar-benar merupakan alat yang ampuh untuk memperbaiki, membuatkan peraturan, budaya organisasi atau perusahaan, suasana kerja yang kondusif, peka terhadap karyawan yang perlu pendekatan khusus, perlu dimotivasi dalam meningkatkan kerjanya. Itu semua mengambarkan bahwa Public Relation berakar rujukan pikir pragmatis dan harmonis, terutama dalam meminimalkan konflik, dengan memakai pendekatan, komunikasi timbal balik akan sangat membantu menemukan srategi bagaimana mengatasi konflik yang terjadi.
Humas dalam forum pemerintahan merupakan suatu keharusan fungsional dalam rangka kiprah penyebaran informasi dan kebijakan, agenda dan kegiatan-kegiatan forum pemerintahan dan kepada masyarakat. Terutama di Indonesia forum kehumasan sangatlah diperlukan. Humas ini merupakan kelanjutan dari proses penetapan kebijakan pemerintah, pemberi layanan informasi kepada masyarakat, sehingga humas itu berada memperoleh kepercayaan dari publiknya, yaitu masyarakat dalam arti luas. Maka dari itu sikap dan pelayanan yang baik sangat penting demi terciptanya Citra yang baik.
Sedangkan keberadaan dari Humas dan Protokol di pemkot ini bertujuan memberikan informasi dan komunikasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat, bisa membuatkan pemberian masyarakat terhadap kebijakan pada masyarakat. Sehingga Humas di Pemerintah harus melaksanakan penyesuaian-penyesuaian kiprah dan fungsinya dalam menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi, supaya Humas Pemerintah bisa membangun Citra Pemerintah yang baik.
Untuk masyarakat kini ini kiprah dan dampak Humas dan Protokol sangat terasa. Tidak ada kegiatan yang dilakukan di dalam dan oleh masyarakat yang tidak memerlukan pemberitaan. Karena informasi sudah menjadi kebutuhan utama. Berdasarkan hal tersebut mendorong minat penulis untuk melaksanakan Kuliah Kerja Media di Bagian Humas dan Protokol pemkot X yang beralamatkan di Jl. Jenderal Sudirman No. 2 yang merupakan salah satu Instansi Pemerintah yang tentunya tidak terlepas dari sorotan masyarakat luas mulai dari kinerja, kebijakan, maupun nama baik pemkot sendiri. Komunikasi tidak akan terjadi jika tidak ada masyarakat, dan juga insan tidak sanggup hidup dan berkembangkan dengan tepat tanpa komunikasi.

B. TUJUAN PENELITIAN
1. Tujuan Khusus
a. Menerapkan dan mengaplikasikan ilmu teorotis yang telah didapat di kursi kuliah ke dalam praktik yang sesungguhnya.
b. Membuka interaksi antar dunia akademisi dan dunia perjuangan dalam simbiosis mutualisme (saling menguntungkan)
c. Mendapat pengalaman wacana kerja di bab Humas dan Protokol pemkot X yang bantu-membantu sehingga akan didapat citra kasatmata wacana aneka macam hal mengenai dunia kerja yang aplikatif.
d. Mengetahui rujukan kerja dan sikap pekerja di bab Humas dan Protokol pemkot X dengan impian sanggup mempunyai pengalaman dan mencar ilmu dari pengalaman tersebut.
e. Membuka wawasan gres wacana suatu Instansi Pemerintahan dan acara kerja Instansi tersebut.
2. Tujuan Umum
Untuk memenuhi kewajiban sebagai mahasiswa Diploma III Komunikasi Terapan dengan minat utama Public Relation Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas X dalam memperoleh gelar Profesional Ahli Madya di bidang Public Relation.
Sumber http://gudangmakalah.blogspot.com


EmoticonEmoticon