Jumat, 13 Juli 2018

Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.4 Revisi 2017 (Semester 1)

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Pertama KELAS 7 KD 4.4 REVISI 2017 (SEMESTER 1)

Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yang sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 KD 4.4 Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (2.3)

Nama Sekolah    :
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/1
                                    Alokasi Waktu   :  4 JP


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati anutan agama yang dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bagian D
4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk dongeng fantasi secara verbal dan tulis dengan memperhatikan struktur dan penggunaan bahasa

Indikator
  • merencanakan pengembangan dongeng fantasi
  • menulis dongeng fantasi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan

C.  Materi Pembelajaran
  1.  Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
  • Contoh langkah penyusunan dongeng fantasi
  • Contoh variasi judul pada dongeng fantasi
  • Contoh variasi bab orientasi
  • Contoh variasi bab komplikasi
  • Contoh variasi bab resolusi
  • Aspek-aspek yang disunting pada dongeng fantasi

Keterampilan
  • Praktik menulis dongeng fantasi dari objek sekitar yang diamati
  • Praktik menulis fantasi dari gambar berseri
  • Praktik menyunting dan memperbaiki dongeng yang dibuat

2.  Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
  • Contoh langkah penyusunan dongeng fantasi
  • Contoh variasi judul pada dongeng fantasi
  • Contoh variasi bab orientasi
  • Contoh variasi bab komplikasi
  • Contoh variasi bab resolusi
  • Aspek-aspek yang disunting pada dongeng fantasi

Keterampilan
  • Praktik menulis dongeng fantasi dari objek sekitar yang diamati
  • Praktik menulis fantasi dari gambar berseri
  • Praktik menyunting dan memperbaiki dongeng yang dibuat

3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
  • Contoh langkah penyusunan dongeng fantasi
  • Contoh variasi judul pada dongeng fantasi
  • Contoh variasi bab orientasi
  • Contoh variasi bab komplikasi
  • Contoh variasi bab resolusi
  • Aspek-aspek yang disunting pada dongeng fantasi

Keterampilan
  • Praktik menulis dongeng fantasi dari objek sekitar yang diamati
  • Praktik menulis fantasi dari gambar berseri
  • Praktik menyunting dan memperbaiki dongeng yang dibuat

Sikap utama yang ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerja sama, proaktif, dan kreatif.

D.  Kegiatan Pembelajaran
  1.  Pendahuluan
·         Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi mencar ilmu dan mengabsen penerima didik.
·         Guru bertanya-jawab ihwal dongeng fantasi yang telah dipelajari dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Dibuka dengan hal-hal yang sanggup menggairahkan suasana mencar ilmu dan ada hubungannya dengan materi yang akan dipelajari.
·         Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang kan dicapai.
·         Bertanya jawab ihwal manfaat pembelaran yang akan dipelajari.
·         Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang.

2.  Kegiatan Inti
Bagian D : Konstruksi
Pertemuan Pertama (2 JP)
·         Mengamati judul, kerangka, dan langkah
·         Mengembangkan dongeng fantasi
·         Mempertanyakan langkah menciptakan dongeng fantasi dengan mengamati objek
·         Menggali informasi dari aneka macam sumber langkah menulis dongeng fantasi
·         Latihan memilih kerangka dongeng fantasi menurut yang ditentukan/ dipilih siswa
·         Memajang kerangka dongeng dan saling mengomentari serta meminta masukan


Pertemuan Kedua (2 JP)
·         Mengamati kerangka yang telah dihasilkan pada pertemuan sebelumnya
·         Menanya
·         Bagaimana cara membuatkan kerangka menjadi dongeng utuh
·         Menggali informasi untuk membuatkan kerangka dongeng fantasi menjadi dongeng utuh
·         Latihan
·         Mengembangkan kerangka menjadi dongeng utuh
·         Mencari data dari objek yang dipilih
·         Membaca aneka macam buku dan mengamati aneka macam objek yang sesuai untuk mengembnagkan isi cerita
·         Menalar
·         Menyusun aneka macam informasi menjadi bab orientasi, komplikasi, dan resolusi
·         Mencipta draft dongeng fantasi
·         Mengomunikasikan hasil
·         Memajang/ menukarkan hasil untuk meminta masukan dari teman/ guru
·         Menyunting dan memperbaiki memperbaiki karya dari segi pilihan kata, kalimat, atau aspek kesastraan ( kosistensi tokoh, alur, latar, sudut pandang, obrolan antar tokoh, dll)
·         Memublikasikan hasil

3.  Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
·         Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan aktivitas pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
·         Siswa mendapatkan umpan balik ihwal proses pembelajaran.
·         Mewajibkan siswa siswa untuk membaca buku fiksi (cerita fantasi) minimal satu buah. Hasil bacaannya dituangkan pada jurnal harian membaca.
·         Siswa mendapatkan penyampaian ihwal aktivitas pembelajaran pertemuan berikutnya.

E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1.  Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan kiprah yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan teks dongeng fantasi.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Tulislah langkah Menulis Cerita Fantasi!
  2. Bagaimana menemukan ilham dongeng fantasi?
  3. Galilah ilham dengan menciptakan fantasi dari topik lingkungan, kecanggihan teknologi, para pahlawan, atau topik lain yang menarik perhatianmu!
  4. Berfantasilah seolah-olah kau mengembara pada 100 tahun yang akan tiba dengan kecanggihan teknologi yang luar biasa atau kondisi lingkungan yang sudah sangat tercemar/ rusak.
  5. Tulislah tema yang akan kau tulis dalam bentuk pernyataan!
  6. Tentukan latar!
  7. Tulislah deskripsi tokoh-tokoh dalam ceritamu!
  8. Buat sinopsis/ ringkasan dongeng yang merupakan ringkasan insiden dari awal hingga simpulan cerita!
Kunci Jawaban
  1. Langkah menulis dongeng fantasi: (1) Menemukan Ide Penulisan. (2) Penggalian Ide Cerita Fantasi dari Membaca. (3) Membuat Rangkaian Peristiwa. (4) Mengembangkan Cerita Fantasi.
  2. Cerita fantasi sanggup diperoleh dari pengamatan. Ide dongeng fantasi juga sanggup diperoleh melalui membaca buku pengetahuan/ buku ilmiah ihwal ruang angkasa, binatang langka, biografi tokoh dan seterusnya. Ide dongeng fantasi juga sanggup diperoleh dari membaca dan pengalaman mitos-mitos lokal/ daerah.
  3. Ide yang dikemukakan.
  4. Fantasi yang dikembangkan.
  5. Pernyataan yang dikemukakan.
  6. Latar suasana, tempat dan latar waktu yang dikemukakan.
  7. Deskripsi ihwal tokoh-tokoh.
  8. Hasil sinopsis.

2.  Penilaian Keterampilan
Menulis Cerita Fantasi
Praktikkan langkah-langkah menulis dongeng fantasi pada tanggapan no. 1 di atas untuk berkarya!
Lakukan aktivitas berikut!
Merencanakan menciptakan fantasi
Mengembangkan produk
Memberi judul yang menarik
Menelaah untuk Merevisi
Memublikasikan

Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir

3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas aktivitas pembelajaran remedial, yang sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, mencar ilmu kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat             : Buku, video.
Bahan                    : Langkah menulis dongeng fantasi.
Sumber Belajar      :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 73 s.d 80.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 56 s.d 60.





= Baca Juga =




Sumber http://forumgurunusantara.blogspot.com


EmoticonEmoticon