Selasa, 31 Juli 2018

Pengertian Komunikasi Serial Dalam Pertukaran Data



Pengertian Komunikasi Serial dalam pertukaran data Pengertian Komunikasi Serial dalam pertukaran data



Komunikasi Serial
      
      ialah komunikasi dimana pengiriman data dilakukan per bit, sehingga lebih lambat dibandingkan komunikasi parallel menyerupai pada port printer yang bisa mengirim 8 bit sekaligus dalam sekali detak.

Ada 2 macam cara komunikasi data serial yaitu Sinkron dan Asinkron.

1. Komunikasi data serial sinkron, clock dikirimkan bersama sama dengan data serial,               tetapi clock tersebut dibangkitkan sendiri – sendiri baik pada sisi pengirim maupun               penerima. 

2. Komunikasi serial asinkron tidak dibutuhkan clock alasannya data  dikirimkan dengan                 kecepatan tertentu yang sama baik pada pengirim / penerima. 


Pengertian Port


    Port merupakan satu set perintah yang dipakai oleh komputer untuk memindahkan data dari atau ke perangkat lain, contohnya untuk bekerjasama dengan keyboard, mouse, printer, modem, monitor dan sebagainya. Ada banyak sekali macam port, yaitu :
· Serial Port
· Pararel Port
· IDE
· SATA
· USB
· Ethernet
· Audio Codec
· PCI

Devais pada komunikasi serial ada 2 kelompok yaitu:

1.   Data Communication Equipment (DCE)
      Contoh dari DCE ialah modem, plotter, scanner dan lain lain

2.   Data Terminal Equipment (DTE)
      Contoh dari DTE ialah terminal  di komputer.

Keuntungan penggunaan port serial.

1. Pada komunikasi dengan kabel yang panjang, persoalan cable loss tidak akan menjadi           persoalan  besar daripada memakai kabel parallel. Port serial mentransmisikan “1”         pada level tegangan   -3 Volt hingga -25 Volt dan “0” pada level tegangan +3 Volt                 hingga +25 Volt, sedangkan port parallel mentransmisikan “0” pada level tegangan 0           Volt dan “1” pada level tegangan 5 Volt.

2. Dibutuhkan jumlah kabel yang sedikit, bisa hanya memakai 3 kabel yaitu jalan masuk           Transmit Data, jalan masuk Receive Data, dan jalan masuk Ground (Konfigurasi Null Modem)

3. Saat ini penggunaan mikrokontroller semakin populer. Kebanyakan mikrokontroller               sudah  dilengkapi dengan SCI (Serial Communication Interface) yang sanggup dipakai         untuk komunikasi dengan port serial komputer.


Sumber http://catatantkj123.blogspot.com


EmoticonEmoticon