Jumat, 24 Agustus 2018

Info Fakultas Kedokteran

Info Fakultas Kedokteran

Info Fakultas Kedokteran Selamat bertemu dengan , kali ini akan posting seputar Kampus, dengan judul posting "Info Fakultas Kedokteran". Selama ini, biaya kuliah di fakultas kedokteran (FK) baik negeri maupun swasta paling tinggi dibanding fakultas lainnya. Berdasar isu yang dilansir jpnn.com, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) bakal mengkaji penerapan batas atas SPP FK di kampus negeri maupun swasta.

Seputar Kampus : Fakultas Kedokteran


Menteri Ristekdikti Muhammad Nasir menyampaikan ketika ini biaya kuliah FK untuk mahasiswa reguler di Perguruan Tinggi Negeri paling mahal yakni Rp 25 juta.

Nasir menuturkan biaya kuliah di FK yang relatif lebih tinggi dibandingkan yang lainnya, dipicu sikap kampusnya sendiri. Menurutnya banyak kampus yang menjadi FK sebagai sumber pemasukan keuangan. Uang yang masuk di FK, dipakai untuk mensubsidi biaya operasional di fakultas-fakultas lainnya.

Menurut mantan rektor Universitas Diponegoro Semarang itu, biaya riil untuk kuliah di FK sangat bermacam-macam sesuai dengan lokasinya. Untuk di wilayah Maluku dan Papua, biaya kuliah di FK mencapai Rp 48 juta per semester. Sedangkan untuk wilayah Jawa, biaya kuliah di FK berkisar sampai Rp 37 juta.

"Jadi biaya yang ditanggung mahasiswa FK Rp 25 juta itu sudah dipotong subsidi," kata dia. Meskipun begitu Nasir ingin mengontrol biaya maksimal kuliah FK biar kampus tidak seenaknya sendiri menetapkan tarif. Dalam waktu akrab Kementerian Ristekdikti akan mengevaluasi hukum SPP kuliah di kampus negeri dan diikuti juga di kampus swasta.

Nasir menjelaskan biaya kuliah FK yang mahal, menciptakan para calon dokter sudah berpikir untuk mengembalikan modal. Padahal bagi Nasir, profesi dokter tidak murni bisnis jasa. "Tetapi di dalamnya juga ada tanggung jawab berbakti untuk bangsa," papar dia

Dekan FK Universitas Indonesia Ratna Sitompul menjelaskan sah-sah saja jikalau pemerintah menerapkan batas kuliah di FK. Dia mengakui unit cost atau biaya kuliah mahasiswa FK memang sangat besar. Tetapi sehabis dikurangi banyak sekali subsidi, biaya riil yang ditanggung mahasiswa cukup terjangkau.

"Biaya kuliah mahasiswa reguler di FK UI yakni Rp 7,5 juta per semester," tandasnya. Total setiap tahun FK UI mendapatkan sekitar 130 mahasiswa baru. Biaya riil tadi turun drastis alasannya yakni UI mendapatkan suntikan dana proteksi operasional Perguruan Tinggi Negeri dari pemerintah.

Selain itu biaya praktek mahasiswa FK di RS Pendidikan juga mendapatkan suntikan subsidi dari kerjasama dengan Kementerian Kesehatan



Sumber http://info-snmptn-mu.blogspot.com


EmoticonEmoticon