Begitu pentingnya peranan system pendingin pada kendaraan sehingga perlu dijaga kestabilan suhu kerja mesin, sanggup kita bayangkan bagaimana kalau system pendingin ini mengalami kerusakan atau gangguan. Selama mesin hidup, mesin akan terus menghasilkan panas yang usang kelamaan panas semakin tinggi sehingga akan mengakibatkan kerusakan pada komponen meisn.
Pada uraian materi kali ini saya akan membahas hal-hal yang menjadi gangguan pada system pendingin.
1. Penyebab Oli Mesin Bercampur Air Radiator Pada Mobil
Pada waktu kita mengecek air radiator ternyata kita mendapati airnya berwarna putih kecoklatan, kalau ini terjadi maka hal ini air bercampur dengan oli mesin, untuk mengetahui apa penyebab oli mesin bercampur air pada kendaraan beroda empat atau kenapa oli mesin nyampur air sehingga oli mesin kelihatan berwarna keputihan menyerupai warna susu coklat.Sudah barang tentu dan pada banyak kasus kalau oli mesin bercampur dengan air itu yakni merupakan pengaruh mesin overheat atau pengaruh dari temperatur mesin naik tidak masuk akal tetapi mesin dipaksakan tetap jalan hingga mesin mati akhir suhu mesin terlalu panas, sehingga selinder head atau kop mesin menjadi bengkok atau pack kop (gasket cylinder head) mengalami kerusakan.
Di bawah ini akan saya jelaskan bagaimana cara memperbaiki kalau oli mesin bercampur air pada mesin.
Untuk perbaikan oli mesin yang sudah bercampur dengan air tergantung dari belahan mana yang mengalami kerusakan, kalau hanya gasket cylinder head yang rusak hanya perlu mengganti gasket cylinder head.
Tetapi kalau yang mengalami kerusakan yakni cylinder head menyerupai contohnya bengkok, masih sanggup dilakukan dengan cara meratakan permukaan cylinder head itu pun terbatas pada ukuran tertentu.
Karena kalau belahan cylinder head yang dipangkas tersebut terlalu banyak menyerupai halnya mesin-mesin dengan timing chain (mesin memakai rantai kamrat) biasanya timbul dilema gres diantaranya kamrat suara atau cover timing chain akan lebih tinggi permukaannya dengan belahan atas cylinder head.
Hal lain penyebab oli bercampur air radiator pada kendaraan beroda empat yakni akhir temperatur tinggi mesin mengakibatkan cylinder head retak sehingga terjadi kebocoran antara jalan masuk air (water jacket) dengan jalan masuk oli dan hal ini perlu mengganti cylinder block baik yang gres maupun cylinder head ex singapore yang sanggup dijadikan alternatif.
Untuk cara mencegah biar tidak hingga oli mesin bercampur dengan air radiator yakni selalu perhatikan indikator temperatur mesin ketika kita sedang membawa kendaraan beroda empat yang terdapat dipanel spidometer.
2. Penyebab Air Radiator Mobil Selalu Berkurang
Penyebab berkurangnya air radiator ada beberapa hal yang mengakibatkan air radiator selalu berkurang dan hal yang perlu diperiksa ketika menemui coolant atau air radiator kendaraan beroda empat selalu kurang atau bila air radiator berkurang.1. Cek tutup radiator, biasanya tekanan tutup radiator sudah melemah lantaran kerusakan pada karet pada tutup radiator sehingga air radiator akan lebih cepat habis lantaran air radiator cepat mengalir ke tabung air cadangan sebelum tekanan buka klep atau dengan kata lain pressure valve terbuka sebelum tekanan pressure valve pada tutup radiator tercapai.
2. Terdapat tetesan air radiator dari slang-slang radiator atau jalan masuk air pendingin mesin, tetesan air ini biasanya bertahap keluar ketika mesin dihidupkan yang menunjukan terdapat kebocoran pada air radiator.
3. Putaran kipas radiator lemah, untuk kipas radiator elektrik biasanya terjadi kerusakan pada motor listrik atau motor cooling fan.
Diantara penyebab putaran kipas radiator lemah yakni :
a. Carbon brush sudah mau habis atau komutator habis terkikis
b. Gulungan kawat email pada motor mulai telihat hangus
c. Magnet pada motor cooling fan lepas atau bergeser.
d. Jika motor kipas adiator mengunakan relay perhiasan (bukan relay bawaan), biasanya skun di kaki relay kurang baik sambungannya atau kabel yang digunakan terlalu kecil dengan indikasi kabel terasa panas.
e. Jika kipas radiator memakai visco fan radiator, kita ambil pola saja menyerupai ISUZU Panther Pick Up diesel, kemungkinan yakni cairan didalam kopling kipas radiator terbuang keluar atau visco fan rusak menyerupai terlihat gambar dibawah ini, putaran kipas radiator sanggup ditahan memakai kayu atau tangan meskipun mesin dalam kondisi berputar.
4. Terjadi kebocoran pada kompresi mesin, biasanya hal ini sanggup dilihat ketika tutup radiator dibuka sambil mesin hidup terdapat gelembung yang tidak mau berhenti dan ketika mesin digas air radiator terlihat menyembur keras keluar.
Kebocoran pada pack kop mesin ini tidak terlihat secara fisik, itulah sebabnya terkadang akan menciptakan penasaran, kenapa air radiator cepat habis padahal tidak ada bocor tetapi sanggup dilihat dari tanda-tanda mesin terkadang mrebet, atau busi terlihat lembap dan oli mesin terlihat bercampur dengan air.
Coolant atau air radiator tidak bersirkulasi, hal ini kemungkinan akhir thermostat tidak membuka ketika temperatur kerja mesin sudah tercapai, sehingga suhu mesin sudah melewati titik didih air diatas 100 derajat celsius tetapi air radiator belum bersirkulasi, menyerupai pola pada BMW 318i tahun 2003, hal ini sanggup dilihat dari perbedaan suhu yang jauh yang terdapat pada radiator.
Gambar dibawah ini yakni gambar thermostat yang macet lantaran bengkok sehingga menciptakan air radiator tidak bersirkulasi.
Thermostat bengkok diatas menjadi penyebab air radiator kendaraan beroda empat bmw 318i selalu berkurang banyak setiap hari dan air radiator keluar lantaran air pendingin mesin tidak bersikulasi melewati radiator lantaran thermostat tidak sanggup membuka.
Hal lain yang bekerjasama air radiator tidak bersirkulasi yakni lantaran radiator tersumbat kerak-kerak, biasanya hal ini lantaran umur kendaraan.
Untuk dilema air radiator yang selalu berkurang, kendaraan atau kendaraan beroda empat harus segera dibawa ke bengkel kepercayaan untuk investigasi sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan menyerupai mesin macet lantaran overheat dan lain sebagainya.
3. Penyebab Temperatur Mobil Naik
Sebab mesin kendaraan beroda empat panas, mengetahui beberapa penyebab temperatur kendaraan beroda empat naik atau temperatur panas mesin kendaraan beroda empat naik diatas temperatur kerja mesin.Pembakaran adonan materi bakar dan udara di dalam mesin menghasilkan panas, itulah alasannya kenapa mesin kendaraan beroda empat panas, panas mesin biar tidak berlebihan dibutuhkan suatu sistem pendingin untuk mengatur temperatur kerja mesin,
Agar tidak terjadi kerusakan fatal pada mesin akhir panas berlebihan,pada instrumen dashboard atau pada intrumen spidometer dipasang indikator temperatur mesin, untuk mengingatkan kita biar berhentikan mesin kalau indikator temperatur sudah panas atau berkedip.
Beberapa Penyebab Temperatur Mesin Mobil Naik.
Berikut yakni beberapa hal yang sanggup menjadi penyebab temperatur kendaraan beroda empat naik :
1. Kipas Radiator tidak berputar ketika temperatur kerja sudah tercapai, termasuk putaran kipas yang kurang kencang atau pun ekstra fan mati yang mengakibatkan temperature kendaraan beroda empat naik ketika AC dinyalakan.
2. Terjadi dilema kerusakan pada tutup radiator.
3. Air radiator tidak bersirkulasi, baik disebabkan oleh water pump tidak berputar lantaran v-belt putus, radiator tersumbat ataupun thermostat mesin macet.
4.Terjadi kebocoran pada sistem pendingin mesin mobil, termasuk kebocoran pada radiator, slang radiator, slang bypass, slang buntu, kebocoran pada pompa air mesin atau bocor pada packing cylinder head mesin.
5.Oli mesin kurang dan berada dibawah garis lower pada indikator stik oli atau sirkulasi oli mesin tersumbat.
4. Dampak atau akhir temperature panas kendaraan beroda empat naik.
Diatas sudah jelaskan beberapa penyebab temperatur panas kendaraan beroda empat naik, kini perlu kita tahu apa dampak atau akhir kalau temperatur panas kendaraan beroda empat naik.Temperatur panas kendaraan beroda empat naik diatas temperatur kerja normal mesin sanggup mengakibatkan hal-hal berikut ini terjadi, diantaranya.
1. Kerusakan pada mesin, sanggup jadi kop silinder bengkok, piston macet, bantalan-bantalan mesin cacat, silinder mesin cacat, hal ini akan terjadi kalau mesin yang sedang overheat dipaksa untuk jalan tanpa memperhatikan indikator temperatur naik lebih dari 1/2 atau 3/4 untuk indikator temperatur analog yang tidak dilengkapi derajat panas.
2. Untuk kendaraan yang sudah berumur biasanya akan kuat terhadap ac mobil, ac kendaraan beroda empat akan kehabisan freon akhir panas dan tekanan yang terlalu tinggi dalam sistem ac, kalau ketika terjadi temperatur panas mesin naik sedangkan ac kendaraan beroda empat juga dinyalakan.
Demikianlah uraian perihal gangguan-ganguan pada sistem pendingin, semoga bermanfaat. Sumber http://viarohidinthea.blogspot.com
EmoticonEmoticon