Selasa, 06 Februari 2018

Pengertian Sistem Ekonomi (Economic System)

Pengertian Sistem Ekonomi - Secara umum, Pengertian sistem ekonomi yakni suatu cara untuk mengatur dan mengorganisasi seluruh acara perekonomian dalam masyarakat yang dilakukan pemerintah atau swasta berlandaskan prinsip tertentu dalam rangka meraih kemakmuran atau kesejahteraan.

Sistem perekonomian yakni sistem yang dipakai oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan fundamental antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya yakni bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya.

  yakni suatu cara untuk mengatur dan mengorganisasi seluruh acara  perekonomian dalam Pengertian Sistem Ekonomi (Economic System)
Pengertian Sistem Ekonomi (Economic System)

Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh mempunyai semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrem tersebut. Selain faktor produksi, sistem ekonomi juga sanggup dibedakan dari cara sistem tersebut mengatur produksi dan alokasi.

Pada umumnya setiap negara mempunyai tiga masalah pokok ekonomi. Cara yang dipakai oleh negara untuk mengatasi problem ekonomi tersebut tergantung dari sistem ekonomi yang dianut negara tersebut. Sistem ekonomi yang dipakai oleh suatu negara dipengaruhi oleh pandangan hidup atau falsafah hidup yang dianut oleh negara tersebut.

Sistem ekonomi yang berlaku di suatu negara dipengaruhi juga oleh pengetahuan yang dimiliki, kebiasaan, dan faktor politik yang berlaku pada masyarakat yang bersangkutan.

Berikut yakni pendapat para andal yang mendefinisikan pengertian sistem ekonomi yaitu sebagai berikut :
  1. Menurut pendapat Gilarso (1992: 486), pengertian sistem ekonomi yakni keseluruhan tata cara untuk mengoordinasikan sikap masyarakat (para produse, konsumen, pemerintah, bank, dan sebagainya) dalam menjalankan acara ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, investasi, dan sebagainya) sehingga terbentuk satu kesatuan yang teratur dan dinamis, dan kekacauan sanggup dihindari.
  2. Menurut Gregory Grossman dan M. Manu, pengertian sistem ekonomi yakni sekumpulan komponen-komponen atau unsur-unsur yang terdiri dari atas unit-unit dan agen-agen ekonomi, serta lembaga-lembaga ekonomi yang bukan saja saling bekerjasama dan berinteraksi melainkan juga hingga tingkat tertentu yang saling menopang dan mempengaruhi.
  3. Pengertian sistem ekonomi berdasarkan McEachern yakni seperangkat prosedur dan institusi untuk menjawab pertanyaan apa, bagaimana , dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi (what, how, dan for whom).
  4. Menurut Chester A Bermand, pengertian sistem ekonomi yakni suatu kesatuan yang terpadu yang secara kolestik yang di dalamnya ada bagian-bagian dan masing-masing bab mempunyai ciri dan batas tersendiri.
  5. Pengertian sistem ekonomi berdasarkan Dumatry (1996) yakni suatu sistem yang mengatur dan terjalin kekerabatan ekonomi antar sesama insan dengan seperangkat kelembagaan dalam suatu ketahanan.

Referensi :



    1. Putong.Iskandar, Pengantar Ekonomi Mikro dan Makro:Ghalia Indonesia, 2003
    2. Sukirno, Sadono, Pengantar Teori Ekonomi, Rajawali Pers, 2002
    3. giletules.blogspot.com/search?q=pengertian-ekonomi
    4. giletules.blogspot.com/search?q=pengertian-ekonomi
    5. giletules.blogspot.com/search?q=pengertian-ekonomi
    6. Griffin R dan Ronald Elbert. 2006. Business. New Jersey: Pearson Education

    Sumber http://artonang.blogspot.com


    EmoticonEmoticon