Minggu, 13 Mei 2018

Klasifikasi Dan Morfologi Sawo Secara Tepat

Klasifikasi dan Morfologi Sawo Secara Tepat


Sedulurtani.com. Sawo (Manikara zapota .L) merupakan tumbuhan tahunan yang sanggup berbuah tanpa mengenal musim. Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah, yaitu Meksiko dan India Barat. Saat ini tumbuhan sawo telah menyebar luas di tempat tropik, termasuk negara kita Indonesia.


Sawo sangat cocok dibudidayakan pada tempat tropis terutama di dataran rendah, maka tak heran apabila di Indonesia sawo banyak di usahakan oleh masyrakat kita.


Sawo merupakan buah yang cukup terkenal dan banyak digemari masyarakat Indonesia, pasalnya buah yang satu ini mempunyai rasa bagus dan menyegarkan penikmatnya.


Untuk mengenal lebih terang mengenai tumbuhan sawo, maka pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com. ingin menyebarkan gosip ihwal Klasifikasi dan Morfologi Sawo Secara Tepat.


Klasifikasi dan Morfologi Sawo Secara Tepat Klasifikasi dan Morfologi Sawo Secara Tepat
Klasifikasi dan Morfologi Sawo Secara Tepat


Berikut ini ialah pembagian terstruktur mengenai dari tumbuhan sawo :




















































KingdomPlantae
Sub KingdomViridiplantae
Infra KingdomStreptophyta
Super DevisiEmbryophyta
DevisiTracheophyta
Sub DevisiSpermatophytina
KelasMagnoliopsida
Super OrdoAsteranae
OrdoEricales
FamiliSapotaceae
GenusManilkara Adans
SpesiesManilkara zapota (L.) P. Royen

Setelah Anda mengetahui pembagian terstruktur mengenai dari tumbuhan sawo, maka selanjutnya yaitu morfologi dari tumbuhan sawo. Berikut ini ialah morfologi dari tumbuhan sawo:

1. Akar

Tanaman sawo mempunyai perakaran tunggang dan akar samping yang sangat kuat. Akar tunggang ini mempunyai bentuk mengerucut dan tumbuh tegak lurus kebawah. Sedangkan akar samping tumbuhan ini berfungsi untuk menyerap nutrisi dan juga air dari dalam tanah.


2. Morofologi batang

Tanaman sawo mempunyai batang berbentuk bulat, keras, dan bersifat kuat. Selain itu kulit batang sawo mempunyai permukaan yang kasar.


Batang sawo berwarna kecoklatan dengan tajuk yang cukup rimbun. Batang sawo menghasilkan getah banyak, sehingga sering untuk dijadikan permen karet. Arah pertumbuhan batang tumbuhan ini lurus ke atas.


3. Morfologi Daun

Daun sawo mempunyai ukuran yang cukup lebar dan bergetah. Daun sawo merupakan daun tunggal dan terletak pada bab ujung ranting. Daun sawo berbentuk lonjong dengan ujung yang meruncing. Daun tumbuhan ini berwarna hijua dan mengkilap.


4. Morfologi Bunga

Tanaman sawo mempunyai bunga tunggal yang terletak pada ketiak daun bersahabat dengan ujung ranting. Bunga tersebut berbulu kecoklatan berdiameter hingga 1,5 cm dan menggantung serta terdapat kelopak bunga pada bab dalamnya. Bunga sawo mempunyai warna putih dengan bentuk menyerupai lonceng.


5. Morfologi Buah

Buah sawo mempunyai bentuk lonjong menyerupai telur dan berwarna coklat serta berkulit kasar. Pada umumnya buah ini mempunyai diameter sekitar 4cm, akan tetapi ukuranya juga dipengaruhi oleh jenis dan pertumbuhan tanaman.


Buah sawo mempunyai rasa bagus dan menyegarkan dengan daging buah berwarnacoklat muda agak keputihan.


6. Morfologi Biji

Biji sawo mempunyai bentuk lonjong agak pipih dengan warna hitam mengkilap. Biji bertekstur keras, dan dalam satu buah sawo biasanya terdapat sekitar lima biji.


Baca juga :



Demikian artikel tentang, Klasifikasi dan Morfologi Sawo Secara Tepat. Semoga sanggup menjadi acuan bagi Anda yang sedang mencari gosip terkait dengan tumbuhan sawo.



Sumber https://www.sedulurtani.com


EmoticonEmoticon