Mesin basuh 2 tabung (gambar lg.com) |
1.Mesin basuh MATOT alias Mati total
Jika kita menemui kerusakan ini yaitu yang termudah. Yang pertama kita cek tegangan yang ada di stop kontak apakah ada atau tidak. Jika tegangan normal langkah kedua buka cover belakang dari mesin cek semua jaringan kabel yang ada di dalamnya, biasanya jenis mesin ini sangat rentan dan gampang kemasukan tikus. Cari kabel yang putus dan bila sudah di temukan, Sambung kembali sesuai warnanya .Jangan lupa buka juga cover atas pada panel Timer lantaran tikus suka naik juga ke cuilan ini,lakukan hal yang sama bila terjadi putus kabel.
Kerusakan yang lain biasanya sekring yang ada didalam mesin basuh ini putus. Sekring terbungkus dalam kantong plastik bersama dengan sambungan kabel kabel..Jika sekring putus ada kemungkinan salah satu cuilan dari mesin ini ada yang short. Cari cuilan yang short tersebut. Atau dapat juga penyebab short lantaran kabel yang tergigit tikus tadi. Akan tetapi tidak semua mesin cucu menggunakan sekring, hanya brand merk tertentu saja.
2.Motor Washing tidak jalan
Kerusakan ini sering kali di sebabkan oleh rusaknya Timer Washing yang berada pada panel atas dari mesin basuh ini,yang sangat mungkin lantaran tergoda usia atau lantaran kemasukan air. Ganti dengan yang baru. Jika timer dalam keadaan baik cek pada motornya kemungkinan putus spullnya.
Jika putus spull, lihat kondisi dari motor apakah masih layak untuk di rewinding kembali atau tidak
Jika sudah tidak layak sebaiknya ganti saja dengan yang baru.
· Motor Washing jalan Normal tetapi piringan Washing tidak jalan
Ini sering terjadi pada mesin basuh yang menggunakan Gear box. Gigi Gear yang berada dalam gear box biasanya sudah aus atau rontok. Ganti dengan yang baru. Ada baiknya sebelum di pasang, bongkar dulu Gear box ini dan tambah pelumas Vaselin yang ada di dalamnya atau lebih cantik lagi gunakan pelumas Silicone Oil.
2. Motor Washing Berputar lambat atau hanya berdengung tapi tidak berputar
Cek Capasitor yang biasanya berbentuk ganda, artinya 1 capasitor berisi dua. Satunya capasitor untuk motor spin nilainya antara 4uF hingga 6uF dan satunya untuk motor washing nilainya antara 8uF hingga 10uf dengan tegangan kerja 400Vac
Pengecekan sebaiknya menggunakan Capasitor yang lain atau yang masih gres akan lebih mudah. Karena bila hanya di ukur pakai Ohm meter kelihatannya masih cantik tetapi ternyata sudah tidak berfungsi atau nilainya sudah menurun.
Jika dengan penggantian capasitor tetap tidak berhasil ada kemungkinan BOS dari As motor sudah aus. Atau As dari motor itu sendiri yang sudah aus, sehingga pada ketika motor akan berputar mengakibatkan Rotor dan Stator lengket dan macet.,walaupun pada ketika tidak ada tegangan putaran ringan.Bos dapat diganti dengan yang gres tetapi bila As nya yang rusak akan sangat sulit, lantaran harus di tambal dengan las dan di bubut lagi. Biasanya biayanya jadi membengkak. Paling gampang ganti saja dengan yang baru.
3 Motor Spin Mati
Cek Timer Spin apakah masih berfungsi normal. Cek kabel barangkali ada yang putus, berikutnya cek Safety switch pada pangkal tutup tabung Spin apakah terjadi korosi lantaran air. Tentunya harus membuka dulu panel timer, lantaran posisi switch berada di dalamnya. Jika semuanya normal barulah cek pada motor Spin nya apakah spull putus atau sudah terbakar.
4. Motor Spin Berdengung tapi tidak berputar atau berputar lambat atau oleng
Hampir sama dengan kasusnya Washing motor namun selain pengecekan capasitor dan spull, periksa juga kawat pengereman yang terkait dengan tutup tabung spin apakah putus atau tidak lantaran ini termasuk system safety dari mesin.
Jika terjadi motor spull terbakar atau konsleting sebaiknya sebelum di pasang yang gres cek karet kop yang berfungsi sebagai Seal As penahan air yang berada di cuilan dalam tabung, apakah masih normal atau tidak. Sering sekali penyebab dari rusaknya motor Spin lantaran terkena air yang berasal dari bocornya karet Kop ini yang sudah longgar
Jangan lupa pada ketika penggantian karet di lem dengan menggunakan lem Castol atau yang sejenis.
5. Air merembes dari pembuangan saat pembersihan berlangsung
Cek karet Katub pembuangan air, Sering kali karet ini terganjal oleh benda benda ibarat uang logam, jepit kertas atau benda lain yang tertinggal di kantung celana ketika pakaian hendak dicuci. Bisa juga lantaran Karet katub pembuangan itu sendiri yang sudah rusak atau sobek, atau Per penekan dari karet ini sudah karatan dan harus di ganti yang baru..
Hal hal diatas yaitu kerusakan yang sangat sering saya alami. Namun ada beberapa kerusakan lain yang memerlukan sedikit keahlian kita dalam mengatasinya, artinya kita harus sedikit kreatif untuk mengatasi kerusakan tersebut
Sebagai catatan embel-embel bila anda membeli motor entah itu Motor Washing ataupun Motor Spin
hati hati dalam memilih. Jangan tergiur dengan harga yang murah. Karena ternyata ada beberapa product yang ternyata kawatnya bukan dari tembaga tetapi berbahan Alumunium. Makara bukan kawat email tembaga tetapi kawat email alumunium. Kawat yang berbahan Alumunium ini ternyata tidak tahan terhadap air, sangat gampang putus dan tidak awet. Memang yang terbaik kita beli kawat email dan di rewinding sendiri bila motor masih layak untuk di spull ulang, atau kalau tidak mau repot bawa saja ke tukang spull yang kita percaya keahliannya.
Semoga bermanfaat untuk kita semua Sumber http://www.arjunservice.net
EmoticonEmoticon