Senin, 30 Juli 2018

Prinsip Kerja Internet Protocol (Ip)

Prinsip kerja Internet Protocol (IP)

 Fungsi dari InterNet Protocol secara sederhana sanggup diterangkan menyerupai cara kerja kanto Prinsip kerja Internet Protocol (IP)
                   Prinsip kerja Internet Protocol (IP).

      Fungsi dari InterNet Protocol secara sederhana sanggup diterangkan menyerupai cara kerja kantor pos pada proses pengiriman surat. Surat kita masukan ke kotak pos akan diambil oleh petugas pos dan kemudian akan dikirim melalui route yang sebarang (random), tanpa si pengirim maupun si akseptor surat mengetahui jalur perjalanan surat tersebut. Juga jikalau kita mengirimkan dua surat yang ditujukan pada alamat yang sama pada hari yang sama, belum tentu akan hingga bersamaan alasannya yaitu mungkin surat yang satu akan mengambil route yang berbeda dengan surat yang lain. Di samping itu, tidak ada jaminan bahwa surat akan hingga ditangan tujuan, kecuali jikalau kita mengirimkannya memakai surat tercatat.

      Prinsip di atas dipakai oleh InterNet Protocol, "surat" diatas dikenal dengan sebutan datagram. InterNet protocol (IP) berfungsi memberikan datagram dari satu komputer ke komputer lain tanpa tergantung pada media kompunikasi yang digunakan. Data transport layer dipotong menjadi datagram-datagram yang sanggup dibawa  oleh  IP.  Tiap  datagram  dilepas  dalam  jaringan  komputer  dan  akan mencari sendiri secara otomatis rute yang harus ditempuh ke komputer tujuan. Hal ini dikenal sebagai transmisi connectionless. Dengan kata lain, komputer pengirim datagram sama sekali tidak mengetahui apakah datagram akan hingga atau tidak.

       Untuk membantu mencapai komputer tujuan, setiap komputer dalam jaringan TCP/IP harus diberikan IP address. IP address harus unik untuk setiap komputer, tetapi tidak menjadi halangan bila sebuah komputer memiliki beberapa IP address. IP address terdiri atas 8 byte data yang memiliki nilai dari 0-255 yang se
ring ditulis dalam bentuk [xx.xx.xx.xx], (xx memiliki nilai dari 0-255). 



Sumber http://catatantkj123.blogspot.com


EmoticonEmoticon