Kamis, 02 Agustus 2018

Sejarah Sistem Operasi Windows

jenis sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh penduduk dunia.

Tapi tahukah kau sejarah perkembangan sistem operasi ini? pada postingan kali ini saya sanggup sharing menyangkut sejarah sistem operasi windows dari awal hingga sekarang. Baca juga: Pengertian sistem operasi

Sebelum Microsoft launcing sebuah sistem operasi yang berbasis gambar ibarat yang kini kita ketahui tenyata sistem operasi yang versi sebelumnya yaitu sistem operasi berbasis teks dan command-line ( MS-DOS ).

Sejarah Sistem Operasi Windows

1. Windows Graphic Environment 1.0
 
 Microsoft Windows atau kita tidak jarang menyebutnya Windows yaitu jenis sistem operasi  Sejarah Sistem Operasi Windows
Versi 1.0
Merupakan sistem operasi pertama yang dirilis Microsoft dengan berbasis tampilan gambar yang dirilis sekitar tahun 1985. Sistem operasi ini tak akan sanggup berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS.

Sebenarnya sistem operasi ini hanya meningkatkan kekuatan MS-DOS. Sistem operasi ini menggunakan tehnologi 16-bit. dan dibawah ini yaitu tampilannya.

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Windows1.0.png

Windows versi 2.x yaitu pengembangan sistem operasi dari versi sebelumnya yang dirilis sekitar tahun 1987. Kelebihan dari Windows versi ini yaitu mempunyai kekuatan utk meminimize dan memaximize kan tampilan. versi ini menggunakan floppy disk utk berjalan.

2. Windows versi 2.0x dan versi 2.1x
 
 Microsoft Windows atau kita tidak jarang menyebutnya Windows yaitu jenis sistem operasi  Sejarah Sistem Operasi Windows
2.1x
 
Yaitu pengembangan system operasi versi sebelumnya. Sistem operasi ini masihlah menggunakan tehnologi 16-bit. Meski begitu versi ini lebih popular dikarenakan terdapat software pengolah kata ibarat Microsoft Word dan Excel for windows.

3. Windows versi 3
Yaitu versi yang jadi awal keberhasilan sistem operasi yang dibentuk dan dikembangkan oleh Microsoft pada tahunn 1990. versi ini mengganti semua tampilan sehingga gampang digunakan oleh para pengguna.

4. Windows versi 3.1
Adalah pengembangan dari versi sebelumnya yang dirilis tahunn 1992. Perubahan yang terjadi antara lain mempunyai penampilan yang menarik dan bagus, mempunyai multimedia utk memutar video, adanya File Manager, adanya Program Manager. versi ini pun mensupport system 32 bit disk access.

5. Windows NT
 Microsoft Windows atau kita tidak jarang menyebutnya Windows yaitu jenis sistem operasi  Sejarah Sistem Operasi Windows
NT
Yaitu sistem operasi Windows yang ebelumnya dibentuk dengan menggunakan kernel hibrida. Sedangkan versi sebelumnya hanya menggunakan kernel monolitahunic.

6. Windows versi 95
 Microsoft Windows atau kita tidak jarang menyebutnya Windows yaitu jenis sistem operasi  Sejarah Sistem Operasi Windows
Windows 95
Adalah sistem operasi yang dirilis tahunn 1995 dengan menggunakan arsitek tehnologi 32-bit. versi ini terjadi dengan sendirinya di dalam modus 386 Enhanced, dengan menggunakan memori virtual dan model pengalamatan memori flat 32-bit.

Fitur-fitur itu mengakibatkan aplikasi Win32 utk mengalamatkan RAM virtual sejumlah maksimal 2 gigabyte (dengan 2 gigabyte sisanya dicadangkan utk OS).

Edisi-edisi Windows 95

1. Windows 95 Retail
2. Windows 95 Retail SP1
3. Windows 95 OEM Service
4. OEM Service Release 2
5. OEM Service Release 2.1
6. OEM Service Release 2.5

7. Windows versi 98
 Microsoft Windows atau kita tidak jarang menyebutnya Windows yaitu jenis sistem operasi  Sejarah Sistem Operasi Windows
Windows 98
Merupakan OS yang dirilis pada tahun 1998. versi ini dengan cara umum jauh lebih stabil dan sanggup diandalkan di bandingkan dengan versi sebelumnya. 

Windows 98 meliputi banyak driver perangkat keras bar, sanggup memberi kontribusi sistem berkas FAT32 yang lebih baik, memberi kontribusi USB dan Internet Connection Share.

8. Windows 2000
 Microsoft Windows atau kita tidak jarang menyebutnya Windows yaitu jenis sistem operasi  Sejarah Sistem Operasi Windows
Windows 2000
Adalah sistem operasi yang dirilis pada bulan Februari tahun 2000. versi ini dikenal dengan Windows NT 5.0 atau “NT 5.0″.  versi ini ditujukan untuk bisnis (workstation dan server).

Feature Windows 2000 lebih berorientasi untuk binis dan industri ibarat Active Directory (suatu model jaringan pengganti model jaringan NT domain), ibarat Domain Name Sistem (DNS), Lightweight Directory Access Protocol (LDAP), dan Kerberos buat menghubungkan antara mesin.

Edisi-edisi Windows 2000
1. Windows 2000 Professional
2. Windows 2000 Server
3. Windows 2000 Advanced Server
4. Windows 2000 Datacenter Server
5. Windows 2000 Limited Edition

9. Windows ME ( Millennium Edition )
 Microsoft Windows atau kita tidak jarang menyebutnya Windows yaitu jenis sistem operasi  Sejarah Sistem Operasi Windows
Windows Me
Merupakan sistem operasi yang dirilis pada 14 september 2000. versi ini memberi kontribusi aplikasi-aplikasi multimedia dan Internet yang lebih baik. versi ini mempunyai feature “System Restore,” yang menciptakan para penggunanya untuk mengembalikan ke kondisi semula jikalau terjadi kegagalan.

10. Windows XP
Adalah system operasi yang dirilis pada Tanggal 25 Oktober tahunn 2001. versi ini menggunakan kernel Windows NT 5.1, sehingga mempunyai kestabilan yang anggun dan menukar product Windows yang berbasis 16-bit. dan Windows XP yaitu penerus dari windows sebelumnya yaitu Windows 2000 dan Windows Propessional dan Windows Me.

Edisi Windows XP :

1. Windows XP Professional
2. Windows XP Home Edition
3. Windows XP Media Center Edition
4. Windows XP Tablet PC Edition
5. Windows XP Starter Edition
6. Windows XP Professional x64 Edition
7. Windows XP Professional 64-Bit Edition for Itanium

11. Windows Vista
yaitu sistem operasi yang dirilis 8 November tahun 2006 dan Produksinya tidak boleh pada 31 Januari 2009. versi ini benar-benar dibentuk agar memberi keamanan yang tangguh di bandingkan dengan versi sebelumnya.

Dengan memperkenalkan suatu modus pembeli yang terbatas, yaitu User Account Control (UAC), yang digunakan utk menukar filosofi “administrator-by-default” yang diberlakukan pada windows XP.

Edisi-edisi Windows Vista:

1. Windows Vista Starter
2. Windows Vista Home Basic
3. Windows Vista Home Premium
4. Windows Vista Business
5. Windows Vista Enterprise
6. Windows Vista Ultimate

12. Windows 7
Yaitu sistem operasi yang dirilis 22 Oktober 2009 untuk umum. versi ini mempunyai kernel NT 6.1. versi klien dari Windows 7 dirilis dalam versi 32-bit dan 64-bit meskipun versi servernya (yang menukar Windows Server 2008) dirilis hanya  dalam versi 64-bit, atau yang disebut Windows Server 2008 R2.

Edisi-edisi Windows 7

1. Windows 7 Ultimate
2. Windows 7 Enterprise
3. Windows 7 Professional
4. Windows 7 Home Premium
5. Windows 7 Home Basic
6. Windows 7 Starter

Dan kini windows 7 masih dicintai oleh para penggunanya, termasuk saya eksklusif hingga dikala ini (2015) masih menggunakannya, meskipun windows 8 dan windows 10 sudah dirilis, tapi kayanya saya masih berat untuk meninggalkan windows 7. baca juga cara aktivasi windows 7

Setiap pengguna sanggup menerima proteksi 3 lapis kalau ada seruan mengunduh file dari yang tidak dikenal. Windows 7 dirancang dengan feature gres dan akan peningkatan performa dari Windows Vista.

13. Windows 8
adalah sistem operasi yang dirilis 26 Oktober 2012. versi ini tidak mengecewakan menghebohkan lantaran mempunyai perbedaan yang tidak mengecewakan jauh dari versi sebelumnya.

Edisi-edisi Windows 8

1. Windows 8
2. Windows 8 Pro
3. Windows 8 Enterprise
4. Windows RT

14. Windows 10
Adalah sistem operasi yang diperkenalkan pada 30 Sepetember dan dirilis pada 29 Juni 2015 dan masih keluarga Windows NT, Windows 10 mempunyai 4 Edisi, yaitu: Windows 10 Home, Windows 10 Pro,  Windows 10 Enterprise, dan Windows 10 Education.

Sumber http://www.pintarkomputer.org/


EmoticonEmoticon