Sabtu, 31 Desember 2016

✔ Sistem Starter Kendaraan Beroda Empat (Starting System)

Di zaman modern ini sanggup kita bayangkan jikalau suatu kendaraan beroda empat mogok di tengah jalan terutama di kota-kota besar yang padat dengan kendaraan sperti Jakarta yang begitu padat dengan kendaraan, kondisi macet pula. Mobil dimana untuk menghidupkan mesin masih memakai sIstem manual betapa repotnya, mending kalau mesin pribadi hidup ketika dihidupkan nah ini udah beberapa kali diengkol gak hidup-hidup mungkin jadi target teriakan orang dibelakangnya.

Nah..! untuk memudahkan mesin kendaraan beroda empat dihidupkan kini seluruh produsen kendaraan beroda empat sudah dilengkapi dengan sistem starter jenis elektrik. Cukup hanya dengan memutar kunci kontak atau menekan tombol, mesin sudah sanggup hidup, bahkan ada yang lebih canggih lagi yang memakai remote control.

Fungsi dari system starter ini yaitu untuk menghidupkan putaran awal mesin yang menghasilkan putaran rendah. (untuk memutarkan fly wheel pertama kali sehingga mesin sanggup hidup).

Kalau orang awam bilangnya untuk menghidupkan mesin.

Dengan memakai system starter elektrik maka akan lebih gampang dan efisien daripada memakai tenaga manual (tenaga manusia).
Prinsip kerja system starter elektrik ini yaitu merubah energy listrik menjadi energy gerak/putar.

Di zaman modern ini sanggup kita bayangkan jikalau suatu kendaraan beroda empat mogok di tengah jalan terutama d ✔ SISTEM STARTER MOBIL (STARTING SYSTEM)
Gambar rangkaian system starter.





Cara kerja system starter sebagai berikut :

Pada dikala kunci kontak diputar ke posisi star “ST” arus lisrik akan mengalir dari terminal nyata batre ke terminal B kunci kontak, kemudian diteruskan ke terminal ST. selanjutnya listrik dari terminal ST tadi masuk ke terminal 50 yang terdapat pada switch magnet (solenoid) dan dilain pihak listrik dari terminal nyata batere masuk ke terminal 30 switch magnet (solenoid) yang menyebabkan plunyer pada solenoid mendorong garfu pendorong sehingga pinion gear pada motor starter terdorong ke depan dan berkaitan dengan gigi fly wheel, maka hiduplah mesin.

KOMPONEN RANGKAIAN SISTEM STARTER
Di zaman modern ini sanggup kita bayangkan jikalau suatu kendaraan beroda empat mogok di tengah jalan terutama d ✔ SISTEM STARTER MOBIL (STARTING SYSTEM)
Bagian-bagian system starter terdiri dari :
1. Baterai
2. Sekring
3. Kunci kontak
4. Rellay jikalau digunakan
5. Motor starter

MOTOR STARTER
Ada 3 jenis Motor starter, yaitu
1. Motor starter jenis Planetary
Di zaman modern ini sanggup kita bayangkan jikalau suatu kendaraan beroda empat mogok di tengah jalan terutama d ✔ SISTEM STARTER MOBIL (STARTING SYSTEM)





2. Motor starter jenis Reduksi

Di zaman modern ini sanggup kita bayangkan jikalau suatu kendaraan beroda empat mogok di tengah jalan terutama d ✔ SISTEM STARTER MOBIL (STARTING SYSTEM)
3. Motor starter jenis Konvensional
Di zaman modern ini sanggup kita bayangkan jikalau suatu kendaraan beroda empat mogok di tengah jalan terutama d ✔ SISTEM STARTER MOBIL (STARTING SYSTEM)
Motor Starter terdiri atas beberapa pecahan yang memungkinkan bekerja untuk mengubah energi listrik DC dari baterai menjadi energi mekanik dalam bentuk gerak putar untuk memutarkan fly wheel, sehingga mesin hidup.
Bagian-bagian komponen motor starter yaitu sebagai berikut :
Di zaman modern ini sanggup kita bayangkan jikalau suatu kendaraan beroda empat mogok di tengah jalan terutama d ✔ SISTEM STARTER MOBIL (STARTING SYSTEM)

1. Driving end frame
2. Pinion gear
3. Starter clutch
4. Shift lever
5. core
6. Switch magnet (selenoid)
7. Armature
8. Yoke nad field coil
9. Brush
10. Brush holder
11. End frame
12. Bolt

Yoke dan Field coil
Di zaman modern ini sanggup kita bayangkan jikalau suatu kendaraan beroda empat mogok di tengah jalan terutama d ✔ SISTEM STARTER MOBIL (STARTING SYSTEM)
Yoke berfungsi sebagai penompang dari core berbentuk silinder yang terbuat dari logam.
Field Coil yaitu Kumparan medan atau field coil berfungsi untuk membangkitkan medan magnet.

Armature
Armature berfungsi untuk merubah energi listrik menjadi mekanik, dalam bentuk gerak putar.

Brush dan Brush holder
Di zaman modern ini sanggup kita bayangkan jikalau suatu kendaraan beroda empat mogok di tengah jalan terutama d ✔ SISTEM STARTER MOBIL (STARTING SYSTEM)





Brush (Sikat) berfungsi untuk meneruskan arus dari field coil ke armature coil dan pribadi ke massa melalui komutator.

Shift Lever Atau tuas penggerak
Shift leverberfungsi untuk mendorong pinion gear ke arah posisi berkaitan dengan roda penerus. Dan melepas perkaitan pinion gear dari perkaitan roda penerus.

Starter Clutch dan Pinion gear
Di zaman modern ini sanggup kita bayangkan jikalau suatu kendaraan beroda empat mogok di tengah jalan terutama d ✔ SISTEM STARTER MOBIL (STARTING SYSTEM)

Starter Cltuch berfungsi untuk memindahkan momen puntir dari armature saft kepada roda penerus, sehingga sanggup berputar. Starter clutch juga berfungsi sebagai pengaman dari armature coil bilamana roda penerus cenderung memutarkan pinion gear.
Pinion gear berfungsi untuk meneruskan momen puntir dari starter clutch ke roda penerus atau ring gear.

Magnetic Switch
Di zaman modern ini sanggup kita bayangkan jikalau suatu kendaraan beroda empat mogok di tengah jalan terutama d ✔ SISTEM STARTER MOBIL (STARTING SYSTEM)
Switch atau sakelar magnet dipakai untuk menghubungkan dan melepaskan pinion gear ke/dari roda penerus, sekaligus mengalirkan arus listrik yang besar pada sirkuit motor starter melalui terminal utama.

Terminal – terminal yang ada pada saklar starter :

Terminal B (30) : Mendapatkan arus pribadi dari nyata baterai (30)
Terminal C : Menghubungkan/mengalirkan arus dari terminal B ke kumparan medan (field coil)
Terminal (50) : Mendapatkan arus dari terminal ST kunci kontak dan meneruskanya ke pull in coil (PIC) dan hold in coil (HIC) melalui plat kontak.

Pemeriksaan dan Pengukuran Komponen Motor Starter.


1. Kumparan Armature
a. Pemeriksaan hubungan putus (terbuka)
Di zaman modern ini sanggup kita bayangkan jikalau suatu kendaraan beroda empat mogok di tengah jalan terutama d ✔ SISTEM STARTER MOBIL (STARTING SYSTEM)





Dengan memakai multitester(posisikan selector pada tanda Ohm). Hubungkan masing-masing segmen komutator.
> Jika jarum multi bergerak berarti kondisi kumparan dalam keadaan baik, tidak ada yang putus.
> Jika membisu berarti putus.

b. Pemeriksaan hubungan massa
Di zaman modern ini sanggup kita bayangkan jikalau suatu kendaraan beroda empat mogok di tengah jalan terutama d ✔ SISTEM STARTER MOBIL (STARTING SYSTEM)

Hubgkan masing-masing segmen komutator dengan bodi armature.
> Jika Jarum multi membisu berarti kawat kumparan baik, tidak ada yang korslet(tidak terkelupas).
> Jika jarum multi bergerak baerati korslet (terjadi hubungan singkat).

2. Kumparan Medan (Field coil)

a. Pemeriksaan hubungan putus (terbuka)
Di zaman modern ini sanggup kita bayangkan jikalau suatu kendaraan beroda empat mogok di tengah jalan terutama d ✔ SISTEM STARTER MOBIL (STARTING SYSTEM)

Hubungkan Ujung kawat field coil (ujung yang tersambung ke sikat) dengan ujung yang di ddisebrangnya.
> Jika jarum multi bergerak berate baik (tidak putus).
> Jika membisu berarti putus.

b. Pemeriksaan hubungan massa
Di zaman modern ini sanggup kita bayangkan jikalau suatu kendaraan beroda empat mogok di tengah jalan terutama d ✔ SISTEM STARTER MOBIL (STARTING SYSTEM)
Hubungkan ujung kawat (sikat) nyata dengan bodi
> Jika jarum multi membisu berarti baik (tidak yang korslet).
> Jika bergerak berarti terjadi korslet (kawat melekat ke bodi)

3. Pengukuran Panjang Sikat (Brush)
Di zaman modern ini sanggup kita bayangkan jikalau suatu kendaraan beroda empat mogok di tengah jalan terutama d ✔ SISTEM STARTER MOBIL (STARTING SYSTEM)
Setiap Motor starter panjang sikatnya berbeda tergantung tipenye. Untuk lebih baiknya hasil pengukuran panjang sikat diubahsuaikan dengan standar masing-masing tipe motor starter.
Pengukuran panjang sikat sanggup dipakai jangka sorong (vernier caliper). Jika hasil pengukuran masih sesuai dengan limit standar dan masih kondisi baik , sikat tidak perlu diganti.

4. Pada investigasi dudukan sikat (isolasi)
Di zaman modern ini sanggup kita bayangkan jikalau suatu kendaraan beroda empat mogok di tengah jalan terutama d ✔ SISTEM STARTER MOBIL (STARTING SYSTEM)
Dengan memakai multi tester, hubungkan dudukan sikat dengan plat besinya. Sebaiknya tidak ada hubungan, tapi jikalau ada hubungan maka dudukan sikat harus diganti.

5. Pemeriksaan Starter Clutch dan Pinion Gear
Di zaman modern ini sanggup kita bayangkan jikalau suatu kendaraan beroda empat mogok di tengah jalan terutama d ✔ SISTEM STARTER MOBIL (STARTING SYSTEM)
Lakukan investigasi starter cluch dengan cara diputar. Jika starter clutch diputar ke kiri dan ke kanan, tidak berputar longgar/loncer, maka starter cutch dalam keadaan baik. Dan periksa juga kondisi gigi pinion gearnya.

Gejala kerusakan pada sistem starter

1. Pada dikala kunci kontak di posisikan star, starter hanya timbul suara cklek atau putaran motor satrter lambat.
Penyebab kerusakan yang terjadi :
a. Batere tekor/soak
b. Kotor pada sambungan terutama pada terminal batere baik nyata maupun negatif
c. Kunci kontak kotor
d. Sikat sudah pendek/aus

2. Pada dikala kunci kontak di posisikan star, motor starter sama sekali tidak hidup.
Penyebab kerusakan yang terjadi :
a. Batere Habis
b. sekring putus
c. Sambungan kabel ada yang lepas/kendor
d. Armature terbakar
e. Field coil putus/rusak
f. Sikat habis di bawah limit standar

Demikian uraian singkat perihal sistem starter pada mobil, yang saya ambil dari banyak sekali sumber supaya sanggup bermanfaat.
Sumber http://viarohidinthea.blogspot.com


EmoticonEmoticon