Selasa, 26 Juni 2018

Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 4.8 Revisi 2017 (Semester 1)

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Pertama KELAS 7 KD 4.8 REVISI 2017 (SEMESTER 1)

Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yang sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1 KD 4.8  Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP KD 4.8

Nama Sekolah    :
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/1
                                    Alokasi Waktu   :  6 JP


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati anutan agama yang dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bagian D
4.8 Menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan secara verbal dan tulis dengan memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan.
Indikator
  • Merencanakan penulisan teks laporan hasil observasi.
  • Menulis rangkuman teks laporan hasil observasi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan.

C.  Materi Pembelajaran
1.      Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
·         Contoh langkah penyusunan teks laporan hasil observasi.
·         Contoh variasi judul pada teks laporan hasil observasi.
·         Contoh variasi identifikasi.
·         Contoh variasi rincian bagian.

Keterampilan
·         Praktik menulis teks laporan hasil observasi dari objek sekitar yang diamati.
·         Praktik menunjukkan narasi verbal untuk video/ objek.
·         Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat.

2.  Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
·         Contoh langkah penyusunan teks laporan hasil observasi.
·         Contoh variasi judul pada teks laporan hasil observasi.
·         Contoh variasi identifikasi.
·         Contoh variasi rincian bagian.

Keterampilan
·         Praktik menulis teks laporan hasil observasi dari objek sekitar yang diamati.
·         Praktik menunjukkan narasi verbal untuk video/ objek.
·         Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat.

3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
·         Contoh langkah penyusunan teks laporan hasil observasi.
·         Contoh variasi judul pada teks laporan hasil observasi.
·         Contoh variasi identifikasi.
·         Contoh variasi rincian bagian.
Keterampilan
·         Praktik menulis teks laporan hasil observasi dari objek sekitar yang diamati.
·         Praktik menunjukkan narasi verbal untuk video/ objek.
·         Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat.

Sikap utama yang ditumbuhkan : sikap peduli, jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kolaborasi , proaktif, dan kreatif.

D.  Kegiatan Pembelajaran
  1.  Pendahuluan
  • Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi berguru dan mengabsen akseptor didik.
  • Guru bertanya-jawab wacana bentuk teks laporan hasil observasi yang telah dipelajari dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Dibuka dengan hal-hal yang sanggup menggairahkan suasana berguru dan ada hubungannya dengan materi yang akan dipelajari.
  • Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
  • Bertanya jawab wacana manfaat pembelaran yang akan dipelajari.
  • Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang.

2.  Kegiatan Inti
Bagian D: Konstruksi
Pertemuan Pertama (2 JP)
  • Mengamati langkah cara menulis teks hasil observasi, pola judul, pola kerangka karangan, dan tabel informasi.
  • Mempertanyakan cara menentukan topik dan menyusun kerangka dalam bentuk kalimat tanya.
  • Menentukan topik yang akan ditulis.
  • Membuat kerangka.
  • Menentukan informasi dan cara menggali informasi.
  • Menggali informasi dengan pengamatan/ wawancara dan membaca buku.

Pertemuan Kedua (2 JP)
  • Menggali informasi dengan mengamati objek dan membaca buku wacana topik yang telah ditentukan.
  • Menata dan mengintegrasikan hasil pengamatan dengan hasil bacaan.
  • Mengurutkan isi.
  • Memilih kata sambung yang sesuai antarkalimat maupun antarparagraf.


Pertemuan Ketiga (2 JP)
  • Mengamati draft LHO yang disusun.
  • Menanya
Bagian mana yang masih perlu diperbaiki.
  • Menggali informasi.
  • Membaca draft.
  • Menemukan kesalahan dari teks yang ditulis.
  • Memublikasikan hasil.

3.  Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
  • Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan acara pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
  • Siswa mendapatkan umpan balik wacana proses pembelajaran.
  • Siswa diwajibkan membaca buku pengetahuan terkenal untuk meningkatkan diri, mengasihi lingkungan atau menambah wawasan wacana ilumu. Misalnya membaca wacana meteor, wacana penyakit hati, wacana usus mausia, wacana fauna dan tanaman Indonesia.
  • Siswa mendapatkan penyampaian wacana acara pembelajaran pertemuan berikutnya.

E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1. Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan kiprah yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:
Disajikan teks laporan hasil observasi.
Berdasarkan teks tersebut:
  1. Sebutkan langkah menciptakan teks laporan hasil observasi!
  2. Tulislah penulisan judul yang sesuai dengan kaidah penulisan judul yang tepat!
  3. Bagaimanakah variasi identifikasi yang dikembangkan dalam teks tersebut?
  4. Bagaimanakah variasi rincian bab pada teks tersebut?
Kunci jawaban
  1. Langkah menciptakan teks laporan hasil observasi berikut!
  • Menentukan Topik yang akan Ditulis.
  • Menyusun Kerangka Laporan
  • Menentukan Informasi yang Diperlukan dan Cara Mencari Informasi.
  • Menata Informasi dan Hasil Rangkuman Menjadi Teks Hasil Laporan Observasi.
  • Menata Informasi yang Diperoleh Sesuai Struktur Teks Hasil Observasi.
  • Memvariasikan Kalimat dan Pengembangan Paragraf pada Teks Laporan Hasil observasi
  1. Disesuaikan dengan tema yang dipilih.
  2. Disesuaikan dengan teks.
  3. Disesuaikan dengan teks.

2.  Penilaian Keterampilan
  • Praktik menulis teks laporan hasil observasi dari objek sekitar yang diamati
  • Praktik menunjukkan narasi verbal untuk video/ objek.
  • Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat.
Kegiatan Kreatif Bersama
  • Pilihlah video dokumenter wacana binatang atau tanaman Indonesia.
  • Lihatlah video/ gambar wacana binatang secara cermat. Cari informasi dan rangkum isi wacana ciri fisik hewan, habitat hewan, makanan, sikap binatang dan lain-lain.
  • Sajikan di depan kelas secara berantai 5-6 orang.
  • Lakukan berantai!
  • Bertindaklah ibarat reporter televisi yang sedang mengisi bunyi pada video wacana tanaman fauna Indonesia.
  • Bahasa verbal yang kau gunakan harus sesuai dengan gambar yang ditampilkan video!
Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir

3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas acara pembelajaran remedial, yang sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, berguru kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan acara pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik akseptor didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik akseptor didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat                   :  Buku, video.
Bahan                          :  Teks laporan hasil observasi
Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 158 s.d 163.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 84 s.d 88.





= Baca Juga =




Sumber http://forumgurunusantara.blogspot.com


EmoticonEmoticon