Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yang sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2017. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 2 KD 3.10 Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (KD 3.10)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/2
Alokasi Waktu : 8 JP
A. Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya.
- Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bagian C
3.10 Menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar
Indikator
- menyimpulkan variasi pola pengembangan isi pantun
- menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat pada pantun
- melengkapi puisi rakyat (pantun) sesuai struktur dan kaidah bahasa serta menelaahnya
- memvariasikan bermacam-macam pola pengembangan puisi rakyat berupa pantun
- mengomentari puisi rakyat dari segi struktur dan bahasa
- memperbaiki kesalahan dari segi isi, syarat pantun, penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
C. Materi Pembelajaran
- Materi Pembelajaran Reguler
Kegiatan C
Pengetahuan
- Struktur puisi rakyat.
- Karakteristik tiap bab puisi rakyat.
- Contoh cara melengkapi puisi rakyat.
- Contoh variasi puisi rakyat dari segi kalimat yang digunakan.
- Contoh penggunaan kata/ kalimat pada puisi rakyat (pantun).
Keterampilan
- Praktik menelaah struktur puisi rakyat.
- Praktik melengkapi struktur puisi rakyat (melengkapi bab identifikasi/ citra umum, deskripsi bagian).
- Praktik memvariasikan bermacam-macam puisi rakyat (pantun).
- Praktik menciptakan telaah ketepatan struktur, syarat pantun, dan penggunaan bahasa pada puisi rakyat.
2. Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
· Struktur puisi rakyat.
· Karakteristik tiap bab puisi rakyat.
· Contoh cara melengkapi puisi rakyat.
· Contoh variasi puisi rakyat dari segi kalimat yang digunakan.
· Contoh penggunaan kata/ kalimat pada puisi rakyat (pantun).
Keterampilan
· Praktik menelaah struktur puisi rakyat.
· Praktik melengkapi struktur puisi rakyat (melengkapi bab identifikasi/gambaran umum, deskripsi bagian).
· Praktik memvariasikan bermacam-macam puisi rakyat (pantun).
· Praktik menciptakan telaah ketepatan struktur, syarat pantun, dan penggunaan bahasa pada puisi rakyat.
3. Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
· Struktur puisi rakyat (struktur gurindam, syair, dan pantun).
· Contoh variasi pantun dari segi jenis kalimat, pola penyajian kalimat pada larik.
· Contoh variasi pengembangan isi.
· Contoh bermacam-macam kata berima pada sampiran dan isi.
· Prinsip mengurutkan puisi rakyat.
· Prinsip melengkapi puisi rakyat.
· Prinsip menyebarkan puisi rakyat.
· Prinsip memakai kata/ kalimat pada puisi rakyat.
Keterampilan
· Praktik mengurutkan bab puisi rakyat.
· Praktik melengkapi unsur-unsur puisi rakyat.
· Praktik menyusun bagian-bagian puisi rakyat.
· Praktik menyunting.
Sikap yang ditumbuhkan: Jujur berkarya, Tanggung jawab.
D. Kegiatan Pembelajaran
- Pendahuluan
· Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi mencar ilmu dan mengabsen siswa.
· Guru bertanya-jawab wacana isi puisi rakyat yang monumental yang telah dipelajari dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
· Dibuka dengan hal-hal yang sanggup menggairahkan suasana mencar ilmu dan ada hubungannya dengan materi yang akan dipelajari.
· Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
· Bertanya jawab wacana manfaat pembelaran yang akan dipelajari.
· Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang.
2. Kegiatan Inti
Bagian C: Prakonstruksi
Pertemuan Pertama (2 JP)
· Mengamati bermacam-macam pantun.
· Mempertanyakan struktur umum pantun persamaan dan perbedaan pantun.
· Menggali informasi membaca pola telaah/ bermacam-macam pola pengembangan (dari buku siswa atau sumber lain).
· Mengelompokkan pantun dari segi pola penyajian kalimat menjadi larik-larik pantun.
· Latihan menciptakan telaah pola penyajian menurut contoh.
· Berdiskusi pola penyajian pantun, pola hasil telaah struktur pantun.
· Menyajikan hasil.
Pertemuan Kedua (2 JP)
· Mengamati potongan-potongan pantun (bagian struktur yang acak dan belum lengkap).
· Mempertanyakan cara mengurutkan dan melengkapi.
· Menggali informasi membaca pola cara.
· melengkapi dan cara mengurutkan.
· Memresentasikan hasil mengurutkan dan melengkapi.
Pertemuan Ketiga (2 JP)
· Membaca dan mengamati pola kesalahan penggunaan kata, kalimat pada pantun.
· Berdiskusi alasan kesalahan.
· Bermain memperbaiki kesalahan.
Pertemuan Keempat (2 JP)
· Mengamati kata-kata kunci.
· Mempertanyakan bagimana cara menciptakan menjadi pantun.
· Menggali informasi.
· Membaca pola cara menyebarkan puisi rakyat dari kata kunci.
· Berdiskusi mengembangkan.
· Mengomunikasikan hasil.
3. Penutup
· Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
· Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan aktivitas pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
· Siswa mendapatkan umpan balik wacana proses pembelajaran.
· Siswa diwajibkan membaca puisi rakyat ( gurindam, syair, pantun) minimal satu buah. Hasil bacaanmu tuangkan pada jurnal harian kau membaca. Kamu sanggup mencatatkan jam kau membaca secara jujur.
· Siswa mendapatkan penyampaian wacana aktivitas pembelajaran pertemuan berikutnya.
E. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
- Penilaian Pengetahuan
Teknik : Tes tulis dan penugasan.
Bentuk : Isian dan kiprah yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan Contoh telaah puisi rakyat
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:
1. Struktur penyajian pantun satu bait terdiri atas … larik
2. Struktur penyajian gurindam satu bait terdiri atas … larik.
3. Struktur penyajian syair satu bait terdiri atas … larik.
4. Pola rima pada pantun ialah ….
5. Pola rima pada syair ialah ….
6. Keempat larik syair merupakan ….
7. Kalimat yang berisi atau bermaksud memberi perintah atau suruhan disebut ….
8. Sebaiknya kau pikir dahulu demi keputusan yang tepat. Kalimat tersbut merupakan pola kalimat ….
9. Kalimat yang berisi permintaan kepada orang lain untuk melaksanakan suatu perbuatan (ayo dan mari) disebut kalimat ….
10. Alangkah indahnya alam Indonesia ini. Kalimat tersebut merupakan pola kalimat ….
11. Kalimat yang berisi larangan semoga orang lain tidak melaksanakan aktivitas (jangan, hidari). Disebut kalimat ….
12. Kalimat yang mempunyai satu subjek dan satu predikat disebut kalimat ….
13. Kalimat beragam ialah ….
14. Kalimat yang terjadi dari beberapa kalimat tunggal yang kedudukannya tidak setara/sederajat disebut kalimat ….
15. Kalimat beragam kekerabatan syarat ditandai dengan ….
Kunci jawaban
1. 4 larik.
2. 2 larik
3. 4 larik
4. a-b-a-b
5. sama (a-a-a-a).
6. isi dan terkait dengan bait-bait yang lain.
7. Kalimat Perintah
8. Kalimat saran
9. Kalimat ajakan
10. Kalimat seru
11. Kalimat larangan
12. Kalimat Tunggal
13. Kalimat yang mempunyai lebih dari satu subjek atau predikat
14. Kalimat beragam bertingkat
15. Jika, seandainya, asalkan,apabila, andaikan
2. Penilaian Keterampilan
Berunjuk Karya dengan Puisi Rakyat
· Praktik menelaah struktur puisi rakyat
· Praktik melengkapi struktur puisi rakyat (melengkapi bab identifikasi/ citra umum, deskripsi bagian)
· Praktik memvariasikan bermacam-macam puisi rakyat (pantun)
· Praktik menciptakan telaah ketepatan struktur, syarat pantun, dan penggunaan bahasa pada puisi rakyat
Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir
3. Pembelajaran Remedial
Aktivitas aktivitas pembelajaran remedial, yang sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, mencar ilmu kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
4. Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
F. Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat : Buku, Infokus.
Bahan : Puisi rakyat
Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 179 s.d 186.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 95 s.d 96.
EmoticonEmoticon